Home Budaya TIBO NYER ...

TIBO NYER (Kearifan Lokal 3)

53
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Di daerah lain dinamakan Kentos, Gendos atau Tombong.

Orang Sumbawa menyebutnya Tibo Nyer, mitos yg sering dikatakan orang2 tua, makan Tibo bisa membuat perempuan tidak bisa hamil, itu tidak benar sama sekali.

Tibo kelapa adalah embrio buah kelapa yang biasanya terdapat dibagian dalam buah kelapa tua yang sudah hampir tumbuh. Teksturnya seperti spons dan kalo dimakan rasanya getas atau crunchy. Tibo ini ternyata umum dan aman untuk dikonsumsi, baik dimakan mentah begitu saja ataupun diolah menjadi sayur.

Tau tidak ?, sebenarnya aneka olahan masakan bisa dibuat dari Tibo, cuma emak2 kita saja yg kurang berani bereksplorasi. Ada 179 resep kue dari Tibo yg sudah umum dikenal, contohnya : kue poci isi unti kelapa, kue rangi isi unti kelapa, kue mendut isi unti kelapa, kue imagayawaki isi unti kelapa, kue dadar rainbow isi unti kelapa dll.

Meski belum banyak kajian ilmiah yang membahas mengenai kandungan dan manfaat kentos kelapa, khasiatnya telah mahsyur dikalangan masyarakat dan dianggap sebagai salah satu makanan yang selain enak juga menyehatkan.

Dan berikut ini beberapa manfaat Tibo Nyer bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan kinerja otak

2. Mencegah Anemia

3. Menjaga kesehatan mata

4. Mencegah penyakit Liver

5. Meningkatkan kinerja ginjal

6. Menguatkan gigi dan tulang

7. Mencegah penyakit jantung koroner

penulis : Wahyuddin Samawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here