Home Cerita Inspirasi Pariri Si Desa Raih TOP-40 Inovasi Nasional 2018, Tandai Perkembangan Inovasi Daerah

Pariri Si Desa Raih TOP-40 Inovasi Nasional 2018, Tandai Perkembangan Inovasi Daerah

15
0
SHARE

Sumbawa Besar, RumahInformasiSamawa.com – Pariri Si Desa dari Kecamatan Lantung yang menjadi TOP-40 Inovasi Nasional Tahun 2018 menandakan bahwa Kabupaten Sumbawa layak dilabeli Kabupaten Inovatif. Tiap tahun inovasi dari perangkat daerah terus digelorakan, mengingat Kabupaten Sumbawa memberikan perhatian khusus bagi pengembangan inovasi. Bupati Sumbawa mewajibkan “Satu OPD, Satu Inovasi” dan dilombakan dengan seleksi ketat di Kabupaten Sumbawa melalui Bappeda Sumbawa.

Temu inovasi Provinsi NTB

Melalui program yang LIDDA yang dimotori Bappeda Sumbawa telah menghasilkan 15 Inovasi tahun 2018 dan tahun 2019 sedang dibina 13 inovasi dari Perangkat Daerah. Sebelumnya, Inovasi Kabupaten Sumbawa yaitu Portal GeoSpasial dan Laris 60 Menit menjadi TOP-10 NTB Novik Tahun 2016, dan Rumah Internet untuk TKI meraih TOP-10 NTBNovik Tahun 2015.

Demikian pula pada tahun 2018 Guru-guru Sekolah Dasar dari Kabupaten Sumbawa berhasil menjuarai Lomba Inovasi Pembelajaran Tingkat Provinsi NTB yang diumumkan pada kegiatan Temu INOVASI 2018 di Mataram pada tanggal 18 Desember 2018 dengan tema “Akselerasi Mutu Pendidikan Menuju Nusa Tenggara Barat yang Gemilang : Solusi Lokal untuk Inovasi Pembelajaran”.

Adapun guru-guru dari Kabupaten Sumbawa menjuarai dua kategori dari tiga kategori yang dilombakan, yaitu kategori Literasi dan Inklusi. Rohana, S.Pd.SD, Guru SDN Pangenyar Moyo Hilir, menyabet Juara I pada kategori Literasi dengan inovasi pembelajaran Kartu Kata berupaya meningkatkan kemampuan membaca peserta didiknya di SDN Pangenyar Moyo Hilir, dan Rostiawati, S.Pd.SD, Guru SDN 5 Utan meraih Juara II pada kategori yang sama dengan inovasi mengenalkan huruf dengan cara bermain Kartu Huruf di SDN 5 Utan. Sementara Hadiatollah, S.Pd.SD, Guru SDN 3 Lape meraih Juara I pada kategori Inklusi inovasi pembelajaran GEMA (Geser Maju Mundur Angka) untuk mengajarkan materi pembelajaran matematika khususnya materi penjumlahan dan pengurangan bagi siswa ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) jenis tuna rungu di SDN 3 Lape.

penghargaan TOP 10

Temu INOVASI 2018 merupakan kegiatan dari program INOVASI (Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia) yakni program kemitraan antara Pemerintah Australia dan Indonesia di bidang peningkatan mutu pendidikan jenjang pendidikan dasar. Temu INOVASI 2018 dihajatkan untuk mempertemukan para pemangku kepentingan termasuk perwakilan lembaga pemerintah dan sekolah untuk memamerkan berbagai praktik baik, kisah inspiratif, serta upaya untuk mengatasi tantangan pembelajaran dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Pada tahun 2019 pada puncak Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi NTB atau yang dikenal dengan NTBNovik, Kabupaten Sumbawa kembali mencatatkan diri dalam TOP-10 Inovasi NTB antara lain SiANDINI (Sistem Informasi Peringatan Dini Inflasi) sebagai Inovasi Sistem Pendukung Keputusan bagi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dalam menstabilkan harga barang pokok dan barang penting, bersama O-Samawa Start Up, dan SiJINAK. (BRJ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here