Home Berita PENTINGNYA PERAN MASYARAKAT ANTISIPASI MASIFNYA PENYEBARAN NARKOBA

PENTINGNYA PERAN MASYARAKAT ANTISIPASI MASIFNYA PENYEBARAN NARKOBA

8
0
SHARE

Sumbawa Besar, RumahInformasiSamawa.com – Penyebaran  narkoba  kian hari kian sulit dikendalikan, walaupun pemerintah melalui aparat penegakak hukum terus melakukan langkah-langkah antisipatif, tetapi tetap saja penyebarannya semakin meluas dan yang paling miris sebarannya bahkan sudah sampai ketingkat desa.

Melihat kondisi di atas, maka ridak bisa lagi hanya mengandalkan aparat penegak hukum saja, diperlukan peran kita bersama dimulai dari keluarga sampai dengan pemerintah ditingkat pusat.

Dalam kondisi seperti saat ini maka peran masyarakat menjadi sangat penting dan memiliki peran yang sangat besar.pemerintahpun mulai sangat menyadari akan hal tersebut, sehingga mendorong masyarakat untuk membentuk lembaga-lembag non pemerintah yang merupakan gagasan langsung dari masyarakat itu sendiri. Salah satunya Forum Indonesia Anti narkoba (FIAN) yang pada Minggu pagi (23/2) telah dilakukan pelantikan DPD FIAN Kabupaten Sumbawa yang dihadiri oleh Bupati Sumbawa diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Dr. H. Muhammad Ikhsan, M.Pd.

Kegiatan yang berlangsung di Aula H. Madilaoe ADT Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa tersebut sekaligus dirangkaikan juga dengan Seminar Anti narkoba bertema “Selamatkan Generasi Bangsa Dari Bahaya Narkoba” selain Bupati Sumbawa turut juga hadir Ketua DPW FIAN Provinsi NTB dan Kepala BNN Kabupaten Sumbawa .

DR. H. M.Ikhsan <MPd. Asisten Pemerintahan membacakan sambutan Bupati Sumbawa

Dalam sambutan tertulisnya Bupati Sumbawa mengapresiasi dikukuhkannya DPD FIAN Kabupaten Sumbawa. Bupati berharap kepengurusan FIAN yang baru saja dilantik ini dapat langsung mengambil peran dengan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Kabupaten Sumbawa.

Ditambahkan, berdasarkan data sebaran wilayah BNN Kabupaten Sumbawa, hampir seluruh kecamatan di Kabupaten Sumbawa tidak luput dari kasus penyalagunaan dan peredaran gelap narkoba. oleh karena itu, menurutnya, upaya pencegahan terhadap penyalahgunaan narkoba menjadi prioritas bersama semua pihak, termasuk oleh FIAN, sebagai organisasi terdepan dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba. Lebih lanjut Bupati menjelaskan, tanpa peran serta semua pihak, upaya yang dilakukan pemerintah tidak akan maksimal. “Masyarakat memiliki kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan serta membantu pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba” ucapnya.

Sebelumnya, ketua penyelenggara kegiatan tersebut, dr. H. Yogi Pratama Mustaram, MMR dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada pemerintah kabupaten Sumbawa atas dukungan sehingga seminar anti narkoba ini dapat terlaksana. Menurutnya, kegiatan ini merupakan langkah awal dalam upaya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Kabupaten Sumbawa. Kedepan ia berharap, kegiatan seminar semacam ini dapat terus terlaksana dan mendapat dukungan dari semua pihak termasuk pemerintah kabupaten Sumbawa.

Foto bersama anggota DPD FIAN Kab. Sumbawa setelah pelantikan

Pada kesempatan itu sebanyak 34 orang anggota DPD FIAN Kabupaten Sumbawa dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua DPW FIAN Provinsi NTB disaksikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa. DPD FIAN Kabupaten Sumbawa yang dilantik hari ini merupakan kepengurusan DPD Kabupaten yang pertama di Provinsi NTB.

Acara kemudian dilanjutkan dengan seminar anti narkoba dengan H. L. Doddy Setiawan, M.H dan dr. Jumiarni Umar, M.Kes., Sp.KJ sebagai pemateri. (KH74)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here