Home Berita PMI Hadir, Target Bangun 300 Unit Huntara Untuk Korban Gempa

PMI Hadir, Target Bangun 300 Unit Huntara Untuk Korban Gempa

48
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Gempa bumi yang mennguncang Lombok dan Sumbawa pada Minggu Malam, 19 Juli 2018 berkekuatan 6,9 SR berdampak pada kerusakan rumah warga, tak terkecuali untuk wilayah Kabupaten Sumbawa. wilayah terparah dari dampak gempa tersebut menimpa warga di tiga Kecamatan bagian barat seperti Kecamatan Alas Barat, Kecamatan Alas dan Kecamatan Buer, yang juga berdamapak pada beberapa Kecamatan lainnya seperti Kecamatan Utan,  Ropang, dan Lunyuk dengan korban meninggal dunia sebayak 6 Jiwa, luka – luka sebanyak 53 Jiwa dan 49.188 jiwa mengungsi yang tersebar pada 133 lokasi pengungsian. Pasca masa tanggap darurat, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sumbawa melaksanakan tahap pemulihan dengan melakukan beberapa kegiatan seperti Pembuatan Hunian Sementara Bermartabat (Huntara) dengan target 300 unit hunian, Pendistribusian Air bersih di tiga titik, dan Psicology Support Program (PSP) bagi peserta didik tingkat Sekolah Dasar.

untuk kegiatan Pembuatan Hunian Sementara (Huntara) Bermartabat sendiri dilaksanakan sejak hari senin, 8 Oktober 2018 dengan Posko Utama bertempat di Lapangan Kantor Camat Alas Barat, dengan terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kecamatan dan Desa di wilayah setempat.. Koordinator Pelaksana (Korpel) Hunian Sementara yang juga selaku Pengurus PMI Kabupaten Sumbawa, Heri Kusmanto, S.Sos mengatakan, “Huntara Bermartabat disambut baik oleh warga terdampak dengan sasaran warga yang rumahnya rubuh dan/atau dirubuhkan akibat gempa dan pada tahap awal ini,PMI fokus pada wilayah Kecamatan Alas Barat sebagai Kecamatan terparah” dari data yang ada, lanjut Heri, ada 499 unit rumah yang dirubuhkan se Kecamatan Alas Barat. Namun demikian, pihak PMI  memprioritaskan kepada warga yang menerima program ini, karena pada waktu hampir 3 bulan pasca gempa, warga telah mendirikan tenda/hunian secara mandiri dan memandang tidak perlu lagi membuat Huntara yang ditawarkan oleh PMI.

sampai dengan hari Minggu, 14 Oktober 2018, PMI telah membuat 5 unit prototipe Huntara pada 3 Desa di Kecamatan Alas Barat, yaitu di Desa Labuhan Mapin sebanyak 3 titik, Desa Mapin Kebak sebanyak 1 titik, dan di Desa Mapin Rea sebanyak 1 titik. setelah prototipe terbangun, jumlah warga yang telah yang mengajukan permohona kepada PMI sebanyak 71 Kepala Keluarga, dan dari jumlah tersebut,  telah rampung pembuatannya sebanyak 15 unit Huntara. Heri menambahkan, dalam proses pembuatan Huntara pihak PMI dibantu oleh personil TNI dibawah komando Komandan Kodim 1607 Sumbawa dan Komandan Ramil Alas. bersama PMI,  TNI secara bersama-sama menggerakkan masyarakat secara gotong royong dalam pembuatan Huntara yang tersebar di masing-masing Desa sasaran atau titik Huntara. Heri berharap, semoga Program Huntara bermartabat, disamping juga program lainnya seperti pendistribusian air bersih dan PSP dapat membantu warga terdampak, dan semakin menunjukkan peran dan eksistensi PMI sebagai organisasi kemanusiaan khusunya di Kabupaten Sumbawa. (Heri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here