Home Berita BUMDesa Semamung, Banjir Pesanan Madu Hitam

BUMDesa Semamung, Banjir Pesanan Madu Hitam

55
0
SHARE
Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Sejak tersebarnya informasi produk Madu Hutan yang diproduksi oleh BUMDesa Sahabat Desa Semamung secara online dengan cukup baik oleh Portal Kampung Media, Indikator NTB, dan Website resmi Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Nusa Tenggara Barat serta media sosial lainnya beberapa waktu lalu, sekarang BUMDesa tersebut kebanjiran pesanan secara online dari bebagai penjuru negeri.
 
Sebelumnya diakui oleh pengelola BUMDesa Sahabat Desa Semamung, Putri Munira yang kebetulan menjadi pemateri dalam kegiatan Pengembangan Pasar Kampung Online (10/10/2018) lalu di Aula Kantor Desa Uma Beringin bahwa selama ini produk hasil produksi masyarakat Desa Semamung yang mereka pasarkan cukup mendapat perhatian dari pasar online semenjak tahun 2016 lalu karena konsistennya para pelaku KIM (Kelompok Informasi Masyarakat)p dalam menginformasikan berita baik serta produk lokal yang ada dalam masyarakat sejak tahun 2012 silam melalui media informasi yang mereka kuasai.
Produk lokal desa atau yang kami kenal dengan program Prudes dari Kementerian Desa memang sedang digalakkan besar-besaran melalui berbagai kegiatan yang sangat mendukung perkembangan dan kemajuan produk unggulan desa, hanya saja jika tak ada pasar yang jelas, sebaik apapun produk suatu desa maka juga tidak akan maksimal dalam pengembangannya. Akan tetapi, dengan kemajuan teknologi informasi saat ini, pasar sudah bukan lagi menjadi kendala, karena pasar online sudah sangat mudah dilakukan hanya saja harus istiqomah dalam memperjuangkannya” ujar Bendahara BUMdesa Sahabat Desa Semamung.
 
Kembali ia tambahkan “Pengaruh media dalam mengembangakan program Pasar Kampung Online Insya Allah akan tercapai, terbukti dalam tiga hari terahkir sejak dipublikasikannya produk Madu Hutan Sumbawa produksi BUMDesa Sahabat Desa Semamung, kami sampai dengan saai ini sudah menerima pesanan Madu dan produk lokal lainnya sebanyak kurang lebih 200 botol dengan permintaan pengiriman minggu ini. Dan semua permintaan itu rata-rata dari luar daerah Sumbawa. Ini membuktikan bahwa Portal Kampung Media dan media Pemerintah melalui Dinas kominfotik mampu menjadi dasar kepercayaan pasar dalam menentukan pilihan produk.
Kejadian seperti ini bagi kami sudah tidak asing lagi, mengingat salah satu instansi pemerintah yaitu BKPH Puncak Ngengas Batulanteh yang menjadi pembina kami dalam mengelola Madu Hutan pernah mempromosikan produk kami melalui media online sampai kewalahan memenuhi permintaan pasar dengan jumlah produksi yang terbatas. Sehingga yang ingin saya sampaikan sekarang adalah ketika ada ruang yang sudah dibuka oleh pemerintah, maka bagi KIM dimana pun sekarang harus lebih semangat memanfaatkan momen tersebut dan lebih banyak lagi menuliskan informasi baik dan mempromosikan produk desa masing-masing di media yang jelas terintegrasi dengan pemerintah seperti Kampung Media” ujar Putri Munira
 
Meningkatnya permintaan pasar Madu Hutan dari BUMDesa Sahabat Desa Semamung ini, dianggap sebagai dampak dari penyebaran informasi melalui media yang begitu cepat dan karena informasi yang disebarkan Portal Kampung Media yang terintegrasi dengan media pemerintah sehingga menambah rasa percaya para konsumen untuk menentukan pilihan. (Mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here