Home Opini / Artikel Caleg, Diantara Do’a dan Harapan

Caleg, Diantara Do’a dan Harapan

13
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Gegap gempita pemilu sebentar lagi berlangsung, KPU sebagai lembaga yang ditunjuk melaksanakan pemilu telah melaksanakan tahapan-tahapan pemilu mulai dari pengumuman daftar pemilih tetap hingga pendaftaran dan pengumuman calegpun  sudah dilakukan. Para calon anggota dewanpun beramai-ramai mempromosikan dirinya dengan janji-janji manis untuk memperbaiki kehidupan dan mensejahterahkan masyarakat. Kelak dari mereka inilah aspirasi masyarakat disampaikan dan diperjuangkan maka sudah sewajarnyalah mereka yang duduk adalah orang-orang yang memiliki kompetensi dan kapasitas lebih dari masyarakat yang lain.

Bagi sebagian masyarakat menjadi anggota dewan memiliki kebanggaan tersendiri karena selain mengemban tugas yang mulia juga memiliki status sosial yang menjadi perhatian dimasyarakat. Para anggota dewan adalah orang-orang yang terpilih dari sekian banyak masyarakat. Mereka para calon anggota dewan ini telah berkorban dan melewati berbagai ujian untuk meraih simpati masyarakat, semua itu terjadi karena mereka memiliki integritas dan kemampuan serta kemauan untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat. Para calon anggota dewan ini sejak awal harus sudah memiliki serta membekali diri dengan jiwa yang merakyat, ikhlas dan rendah hati. Keberadaan mereka kelak di gedung DPR/DPRD ini ada karena kehendak rakyat maka sudah sepantasnyalah mereka bekerja dan menjadi pelayan masyarakat dalam arti mampu memperjuangkan aspirasi yang diwakilkan kepada mereka secara sungguh-sungguh. Anggota dewan memiliki tugas dan tanggung jawab besar dalam mengawal dan memastikan terciptanya keadilan dan pemerataan pembangunan di tanah samawa ini.

Masa-masa kampanye hari ini adalah masa-masa bagi calon anggota legislatif  untuk membuktikan lebih dini kepada masyarakat bahwa mereka adalah orang-orang yang memang layak untuk diberikan amanah. Cara yang paling mudah untuk meneropong apakah calon anggota legislatif ini layak dipilih adalah dengan menakar janji-janji politik yang diucapkan apakah logis dan realistis sehingga janji-janji yang dilontarkan tidak menjadi pepesan kosong.

Selain itu rakyat tentu tidak ingin menyaksikan akrobat politik yang dilakukan oleh orang-orang yang telah diberi amanah tersebut dengan mengatasnamakan rakyat lalu melakukan tindakan yang tidak terpuji dan pada akhirnya akan menjadi pasien Kejaksaan atau KPK. Dengan beragam fasilitas yang diberikan dan menjadi hak anggota dewan ini sesungguhnya dimaksudkan agar mereka dapat bekerja lebih fokus dan mencurahkan segenap pikiran dan kemampuannya untuk kesejahteraan rakyat dan tentunya tdak akan melakukan hal-hal yang akan merugikan masyarakat dan mencoreng nama baik mereka sendiri.

Jika telah terpilih setiap anggota dewan ini memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar mulai dari fungsi legislasi, fungsi ini mengamanatkan kepada anggota DPRD secara bersama-sama dengan eksekutif membentuk peraturan daerah. Dengan fungsi ini anggota DPRD memiliki andil dalam menentukan kearah mana pembangunan daerahnya diarahkan. Berikutnya DPRD memiliki fungsi anggaran, dengan fungsi ini DPRD melalui komisi-komisinya memiliki hak untuk menyetujui atau melakukan koreksi terhadap program-program pembangunan yang diusulkan eksekutif. Sedangkan fungsi pengawasan DPRD memiliki fungsi utama sebagai pengawas dan juga pemantau setiap pelaksanaan peraturan daerah yang sudah disepakati bersama dengan pimpinan daerah, serta mengawasi penggunaan anggaran yang sudah disahkan sebelumnya dalam APBD.

Besarnya tugas dan fungsi para calon legislatif ini kelak maka sudah sewajarnya bila sebagai rakyat memiliki harapan  siapapun yang terpilih menjadi anggota dewan nantinya, seragam apapun yang dipakai, dan dari mana pun asalnya, maka harus mampu menjalankan peran dan fungsinya sebagai anggota dewan  dengan baik,  harus amanah, harus berani jujur, bermoral, berkualitas, mampu membela kepentingan masyarakat, memperjuangkan hak-hak masyarakat, lebih memperhatikan kepentingan masyarakat, dan dapat melakukan peningkatan fungsi pengawasan DPRD yang akan berdampak positif pada peningkatan kualitas pelayanan publik di daerah, baik dari aspek penyelenggaraan maupun produk layanan, agar masyarakat dapat menikmati pelayanan publik yang optimal dan prima.

Wasalam …..((indra).

    

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here