Home Cerita Inspirasi DULU BELAJAR BUMDesa MELALUI WEBSITE SEKARANG BERTEMU LANGSUNG DENGAN FOUNDERNYA

DULU BELAJAR BUMDesa MELALUI WEBSITE SEKARANG BERTEMU LANGSUNG DENGAN FOUNDERNYA

99
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Bumdesa.com merupakan salah satu website yang menginformasikan banyak hal tentang desa dan salah satunya adalah tentang BUMDesa. Bagi Kepala Desa Semamung Rudi Mustaid yang akrab disapa Rudi, website berdesa.comhampir merupakan satu-satunya referensi yang digunakan dalam merencanakan pendirian BUMDesa tahun 2016 lalu selain beberapa Perdes dan ketentuan lain yang menyebutkan tentang pendirian BUMDesa.

Sejak direncanakan hingga berdirinya BUMDesa di Desa Semamung, Kepala Desa Semamung mengakui bahwa referensi belajar tentang BUMDesa masih minim. Selain itu, belajar tentang pengembangan usaha pun masih sangat butuh banyak ilmu dari BUMDesa yang sudah maju dan sukses khususnya di bidang unit usaha yang melibatkan prudes di dalamnya secara teknis. Sehingga, dengan adanya kebutuhan ingin membangun dan memajukan BUMDesa yang sudah didirikan itu sejak akhir  tahun 2016 dengan penganggaran tahun 2017 maka Rudi merasa perlu mencari informasi yang lebih banyak tentang hal sekecil apapun mengenai BUMDesa melalui media informasi modern seperti internet.

Alhasil, sejak 2017 lalu, media berdesa.com dirasa oleh salah satu kades di Sumbawa ini mampu memberikan informasi-informasi yang dibutuhkan dalam menguatkan pendirian BUMDesa, mulai dari mekanisme penentuan pengelola, contoh struktur bagan dan garis koordinasi organisasi yang jelas, jenis-jenis unit usaha yang menjadi fokus pengembangan BUMDesa, fungsi dan kewenangan setiap unit usaha dalam mendirikan badan usaha di bawah naungan BUMDesa, model administrasi keuangan, dan masih banyak lagi informasi mendasar yang diinformasikan oleh berdesa.com sehingga menambah wawasan dalam mengembangkan BUMDesa di lapangan, baik oleh pemdes maupun oleh pengelola BUMDesa itu sendiri.

Sering membuka website berdesa.com juga membuat Rudi bersama pengelola BUMDesa nya memiliki akses komunikasi bersama para pihak yang berhubungan dengan berdesa.com melalui media beberapa media komunikasi online, karena dalam situs tersebut juga menyediakan wadah grup sharing dan keluhan bagi desa-desa atau BUMDesa yang masih membutuhkan arahan atau bantuan dalam pelaksanaan kegiatannya di lapangan.

Mulai dari tahun 2017 lalu, hingga sekarang tahun 2018 walaupun berada di desa, BUMDesa Sahabat Desa Semamung memiliki komunikasi dengan berdesa apalagi tentang studi kasus di lapangan sudah sangat biasa, hanya saja belum pernah bertemu secara langsung, hingga akhirnya melalui media online terpublikasi bahwa Founder dari Berdesa.com dengan beberapa tim lainnya yang menginformasikan bahwa sedang berada di Kabupaten Sumbawa.

Mendapatkan informasi ini tentu menjadi sebuah berita yang menggembirakan bagi Rudi dan pelaku BUMDesa mengingat sudah cukup banyak manfaat yang mereka dapatkan melalu informasi jarak jauh terutama tentang pengembangan unit usaha lokal. Sehingga seolah tak ingin melewatkan kesempatan bertemu dengan tim dari berdesa.com ini Kades Semamung pun mencoba berkomunikasi dengan mereka untuk bersilaturahmi dan akhirnya terjadilah sebuah pertemuan yang cukup menarik malam Sabtu (14/12/2018) kemarin.

Pertemuan yang berlangsung di Pantai Jempol Sumbawa malam kemarin diikuti oleh Rudi Mustaid  (Kepala Semamung), Burhanuddin (Menejer BUMDesa Sahabat Desa Semamung), Putri Munira (Bendahara BUMDesa Sahabat Desa Semamung) kemudian Muhammad Ikraman (KOMPAK), Zhafira Andiyani Sonjaya Staf Dirjen PDT (Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi), M. Najib (Direktur dan Founder PT. Usaha Desa Sejahtera), Aziz Setyawijaya (Chief Operating Officer/COO), Shavira Novi Safitri Business Development Officer PT. Usaha Desa Sejahtera. PT. Usaha Desa Sejahtera inilah yang memiliki situs-situs web berdesa.comusahadesa.comswadesa.co.id, dan rencanausaha.id yang menjadi sumber referensi selama pendirian BUMDesa Sahabat Desa Semamung.

Pertemuan tersebut lebih terkesan seperti pertemuan sebuah keluarga jauh yang sudah lama tak bertemu. Hingga berbagai topik pun diangkat. Mulai dari M. Najib dan tim yang menceritakan berbagai pengalaman menarik selama berada di Sumbawa, begitu juga dengan BUMDesa Sahabat Desa Semamung menceritakan berbagai cerita suka duka membangun BUMDesa bersama berdesa.com. Tidak lupa ikut serta beberapa produk BUMDesa yang ikut diperkenalkan pada kesempatan itu.

Pertemuan sekaligus makan malam di Pantai Jempol Sumbawa itu berlanjut di penginapan M. Najib dan tim dengan pembahasan teknis yang mungkin di web berdesa.com belum bisa dijelaskan secara utuh. Sehingga beberapa ilmu yang mungkin telah dijadikan sebagai bahan pelatihan diberbagai kegiatan pun menjadi pembahasan menarik untuk diserap secara langsung.

“Melalui berdesa.com, saya mengharapkan akan lahir jutaan entrepreneur seperti BUMDesa dan para pelaku usaha di desa di seluruh Indonesia yang mampu  membangun serta mengembangkan bisnisnya secara lebih profesional dan juga memberi manfaat kepada yang lain” M. Najib

“Bertemu secara langsung dengan pihak dari berdesa benar-benar pertemuan yang edukatif. Walau hanya 3 jam bertemu ada banyak ilmu yang menguatkan informasi-informasi yang kami peroleh sebelumnya melalu website. Walau hanya pertemuan 3 jam, saya optimis akan kembali bertemu diwaktu yang lebih baik dengan durasi waktu yang akan bertambah dalam konteks membangun Desa. Ilmu yang diberikan pun menjadi bekal kembali bagi kami terus berjuang membagun BUMDesa bersama masyarakat di desa dengan metode-metode modern tetapi tetap dengan bahasa yang mampu komunikatif. Saya merasa bangga bisa bertemu dan mendengarkan langsung ilmu BUMDesa.” Bendahara BUMDesa Sahabat Desa Semamung.

Bagi Kepala Desa Semamung, ilmu dimana pun sangat lah penting, tinggal bagaimana caranya agar ilmu itu dapat diperoleh dalam berbagai kesempatan dengan tujuan membangun ekonomi masyarakat desa.Area lampiran (munira)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here