Home Berita Ada Peningkatan, KI NTB Nilai Kabupaten Sumbawa Cukup Informatif

Ada Peningkatan, KI NTB Nilai Kabupaten Sumbawa Cukup Informatif

31
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Melalui Monitoring dan evaluasi dengan instrumen SAQ (pengisian kuesioner) dengan beberapa indikator penilaian, Sejumlah badan publik di Provinsi NTB yang meliputi Instansi Vertikal, Pemerintah Kabupaten/Kota, OPD Provinsi, Partai Politik dan BUMN/BUMD menerima Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik dari Komisi Informasi Provinsi NTB (KI NTB) pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik yang berlangsung di Ballroom Lombok Raya Hotel, Mataram, Kamis (28/11).

malam puncak penghargaan oleh KI NTB

Acara yang merupakan puncak dari serangkaian tahapan monitoring dan evaluasi yang dilakukan KI NTB terhadap seluruh badan punlik di NTB ini dihadiri Wakil Gubernur NTB dan sejumlah Pejabat Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota Se-NTB. Terdapat 6 badan publik yang mendapatkan penghargaan untuk kategori Informatif yaitu Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB, RSUD Provinsi NTB, Bappeda Provinsi NTB, KPU Provinsi NTB, Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat. Adapun Kabupaten/Kota yang masuk dalam kategori Menuju Informatif yaitu Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Lombok Tengah dan Kota Bima. Untuk Kategori Cukup Informatif yaitu Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Bima. Sedangkan yang masuk kategori Kurang Informatif yaitu Kabupaten Lombok Utara, dan kategori Tidak Informatif yaitu Kabupaten Dompu dan Kabupaten Lombok Timur.

Kabupaten Sumbawa sendiri mengalami peningkatan yang cukup baik, dimana pada tahun 2018 masih berada pada kategori kurang informatif dan pada tahun 2019 ini masuk menjadi Kabupaten yang cukup informatif dengan peningkatan point penilaian sebsar 11,52% menjadi 61,21 point pada tahun ini.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur NTB memberikan apresiasi kepada badan publik yang berhasil mendapatkan penghargaan.
Menurutnya, keterbukaan informasi publik bukan hanya menjadi kewajiban tetapi juga kebutuhan. “Keterbukaan informasi ini juga merupakan kebutuhan kita. Kita harus pandai dalam mengkomunikasikan informasi, sehingga informasi itu dapat sampai dan diterima dengan baik oleh masyarakat”, tutur Wagub perempuan pertama di NTB ini.

Untuk kualitas keterbukaan informasi publik Provinsi NTB pada tahun 2019 ini mengalami peningkatan, hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ketua KI NTB Hendriadi, SE, ” Kualitas tertinggi yaitu badan publik informatif yang semula 4 naik menjadi 6 badan publik, sedangkan badan publik yang menuju informatif yang semula hanya 3, saat ini naik menjadi 9 badan publik, begitu juga pada kategori lainnya juga mengalami peningkatan” lapor Hendriadi pada acara penganugerahan tersebut.

Adapun yang menjadi indikator penilaian keterbukaan informasi badan publik diantaranya, pengembangan website, indikator pengumuman informasi publik, indikator pelayanan informasi publik dan indikator penyediaan informasi publik. Selain itu juga dilakukan presentasi oleh badan publik yang menitikberatkan penilaian pada komitmen, kolaborasi, dan inovasi badan publik dalam implementasi keterbukaan informasi publik. Dari hasil monev ditetapkan 5 kategori badan publik, yaitu Informatif, Menuju Informatif, Cukup Informatif, Kurang Informatif dan Tidak Informatif. (KH74)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here