Home Berita BPS dan Diskominfotik Sumbawa Gelar Sosialisasi SP2020 di Kampus UNSA

BPS dan Diskominfotik Sumbawa Gelar Sosialisasi SP2020 di Kampus UNSA

11
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – BPS Kabupaten Sumbawa bersama Dinas Kominfotik Sumbawa menggelar Sosialisasi Sensus Penduduk 2020 pada Sabtu siang (21/12/2019) di Universitas Samawa Sumbawa Besar. Kegiatan ini merupakan upaya penyebarluasan informasi tentang Sensus penduduk 2020 yang dikemas dalam jargon “Sosialisasi SP2020 Goes To Campus”, yang diikuti oleh 200 peserta terdiri dari mahasiswa dan dosen.

Adapun perserta yang menghadiri kegiatan ini adalah perwakilan seluruh fakultas lingkup Universitas Samawa. Selaku tuan rumah, hadir dalam kegatan tersebut adalah langsung diikuti Rektor Universitas Samawa Sumbawa Besar, Dr. Syafruddin, SE., MM.

Dalam sambutan pembukaannya, Rektor Unsa menekankan bahwa pembangunan basis data kependudukan melalui Sensus Penduduk Tahun 2020 sangat penting dalam pembangunan dan pengembangan penelitian, sehingga perhelatan yang diinisiasi oleh BPS dan Dinas Kominfotik Sumbawa disambut dengan positif.

“Kita menyambutnya secara positif dan berterima kasih telah memilih Unsa sebagai kampus pertama tempat dilaksanakannya kegiatan “Sosialisasi SP2020 Goes To Campus”, ujar Rektor.

Kepala Statistik baju hitam didampingi Kabid Statistik Diskominfotik baju biru

Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik selaku mitra BPS selalu berkomitmen dan mendukung dalam setiap kegiatan-kegiatan perstatistikan di daerah dan khususnya untuk Sensus Penduduk 2020 sesuai kapasitasnya dalam mendukung seluruh aktivitas tahapan SP2020. Demikian disampaikan Kepala Bidang Statistik Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Sumbawa Jufrie, S.Si., MM pada acara sosialisasi dimaksud.

“Pemerintah Kabupaten Sumbawa memberikan dukungan berupa pendampingan ataupun fasilitasi yang relevan dalam tujuh tahapan proses bisnis SP2020 mulai dari tahap pertama koordinasi dan konsolidasi, sampai pada tahap ketujuh pencacahan penduduk yang tidak terdaftar dalam daftar penduduk dan yang belum melakukan pendataan mandiri”, papar Jufrie yang juga merupakan salah satu dosen di Unsa.

Lebih lanjut, Kabid Jufrie atas nama Pemerintah Kabupaten Sumbawa menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa yang telah dengan penuh seksama mengikuti kegiatan “Sosialisasi SP2020 Goes To Campus” dengan harapan agar dapat memberikan partisipasi aktif mendukung program pemerintah Sensus Penduduk 2020.

Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumbawa, Ir. Agus Alwi dalam paparannya menyampaikan bahwa kegiatan utama Sosialisasi SP2020 Goes To Campus adalah menguraikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama perkembangan teknologi informasi dan penjelasan teknis Sensus Penduduk 2020.

Agus mengatakan bahwa mahasiswa yang secara karakteristik umur berada dalam kancah teknologi informasi yang kini sedang berlangsung secara masif. Sehingga wajar, kegiatan Sosialisasi SP2020 Goes To Campus ini menyasar komunitas milenial yang diharapkan dapat berperan aktif untuk mensukseskan SP2020 yang menggunakan metode kombinasi yaitu metode online dengan basis data administrasi kependudukan dan pencacahan langsung.

peserta kegiatan sosialisasi Sensus Penduduk 2020

Lebih lanjut, disampaikannya bahwa Sensus Penduduk Online (pendataan mandiri), memberikan kesempatan kepada penduduk untuk berpartisipasi dalam kegiatan Sensus Penduduk 2020 dengan melakukan pendataan mandiri, yang akan dilaksanakan pada 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020, serta Sensus Penduduk dengan pencacahan langsung, dimana Badan Pusat Statistik melakukan pendataan lapangan melalui Petugas Sensus Penduduk 2020, yang akan dilaksanakan pada Bulan Juli 2020.

Di sela-sela paparan juga diselingi dengan beberapa permainan dan game serta beberapa film pendek untuk peserta yang disiapkan oleh Tim Kreatif BPS untuk meningkatkan semangat para peserta dalam mengikuti kegiatan. Dalam setiap permaianan dan game setiap peserta yang memenuhi syarat atau memenangi game, panitia menyediakan bingkisan menarik yang menambah semaraknya proses kegiatan berlangsung.

Permainan dan game yang disajikan adalah menggunakan teknologi informasi dimana smartphone menjadi media utama. Hal ini menjadi gambaran bahwa generasi ini memiliki kemampuan sebagai karakteristik yang relevan untuk didekati dalam SP2020. Antusiame peserta tampak cukup baik, hal ini terlihat dari tingkat partisipasi dalam setiap segmen sosialisasi, terutama partisipasi online permainan dan game tentang Sensus Penduduk 2020 ataupun tentang Statistik secara umum cukup tinggi. Kegiatan “Sosialisasi SP2020 Goes To Campus” ditutup dengan film inspiratif tentang perjuangan seorang ibu, yang dipersembahkan untuk peringatan Hari Ibu 22 Desember. “Terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Rektor Unsa dan seluruh civitas akademikanya yang telah memberikan kesempatan tim Kegiatan “Sosialisasi SP2020 Goes To Campus”, pungkas Agus (ra/mckabsumbawa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here