Home Foto Desa Semongkat Kabarmu Kini…

Semongkat Kabarmu Kini…

587
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Semongkat adalah salah satu wilayah yang masuk dalam wilayah kecamatan Batulanteh dan berada dibagian selatan dari Kabupaten Sumbawa. Semongkat yang merupakan salah satu dusun dalam wilayah desa klungkung berada pada daerah ketinggian dengan  wilayahnya yang banyak ditumbuhi tanaman dan pepohanan yang lebat serta udara yang sejuk sepanjang hari dan bebas dari polusi. Semongkat ini berjarak lebih kurang lebih 25 km dari pusat kota sumbawa yang dapat ditempuh dalam 40 menit dengan menggunakan angkutan umum berupa minibus atau bisa juga ditempuh dengan menggunakan sepeda motor atau mobil pribadi lainnya.

Sepanjang jalan menuju semongkat kita akan disajikan dengan pemandangan yang menyejukan mata dengan banyaknya pepohonan dikiri dan kanan jalan, hutan semongkat ini   ini ditumbuhi pohon-pohon jenis lokal seperti ketimus, rapat bewe, tempoak dan kukin sedangkan aneka jenis satwa yang sesekali dapat kita temui seperti cerucuk, elang bondol, monyet ekor panjang, babi hutan dan ayam hutan., namun kita perlu ekstra hati-hati karena setelah melewati cabang desa klungkung disarankan untuk mulai mengurangi kecepatan karena kita akan melewati jalan yang cukup sempit dan berkelok-kelok dengan jurang yang cukup dalam disisi kiri kanan jalan selain itu rambu-rambu jalan yang masih kurang menuntut seetiap pengendara lebih waspada dan konsentrasi sepanjang perjalanan.

Bila telah memasuki wilayah semongkat ini kita akan mulai disapa oleh udara yang sejuk dan pemandangan alam yang indah yang diselingi dengan suara binatang liar yang saling bersahut-sahutan menghadirkan kedamaian dihati, sudah pasti suasana tenang dan damai ini selit kita dapatkan dilokasi wisata yang lain. Selepas pintu gerbang selamat datang di semongkat ini kita dapat memilih lokasi wisata mana yang hendak kita kunjungi karena terdapat 2 lokasi wisata yang menarik disini, pertama bila kita terus lurus melewati perkampungan kita akan menemukan sungai yang dipenuhi batu-batu besar dan disepanjang aliran sungai inilah kita akan menemukan gemiricik air yang jernih dan bersih serta bebas dari polusi apapun. yang mengalir dari dalam hutan.

Sedangkan bila kita belok ke kanan dari arah gerbang kita akan menemukan kolam pemandian yang merupakan peninggalan jaman belanda. Kolam ini tidak sebagaimana kolam pemadian umumnya. Air yang mengisi kolam ini berasal langsung dari hutan yang ada disekeliling tempat wisata ini, dialiri langsung dengan menggunakan parit-parit kecil serta pembuangan airnya diarahkan langsung ke sungai kecil yang ada disamping kolam permandian tersebut.  

Berbicara tentang kolam permandian ini penulis terkenang kembali kemasa lalu ketika masih duduk dibangku sekolah dasar saat acara liburan sekolah sehabis ujian semester para guru biasanya akan mengajak murid-muridnya untuk sekedar jalan-jalan dan menikmati liburan di semongkat dengan kolam permandiannya yang dulu menjadi ikon yang terkenal dari wisata alam di semongkat. Sambil menikmati bungkusan makanan yang dibawah dari rumah untuk disantap disekitaran kolam dan dibawah rindangnya pohon yang ada di semongkat tersebut. Masa itu semongkat selalu menjadi andalan untuk menjadi tujuan berlibur menikmati kesejukan alamnya.

Namun kini sayangnya pesona alam tersebut dengan kolam permandiannya seolah terkubur dan terlupakan oleh wisatawa lokal tergerus oleh banyaknya alternatif daerah-daerah wisata baru disekitaran kota sumbawa selain itu juga karena pengelolaan daerah wisata ini tidak dilakukan secara maksimal sehingga obyek wisata yang menjadi andalannya menjadi kurang menarik untuk dikunjungi. Kolam renang yang ada saat ini dinding-dindingnya mulai dilapisi lumut serta fasilitas pendukung sebagai tempat lokasi wisata juga nampak begitu-begitu saja.

Perlu adanya kreasi dan inovasi untuk membangunkan kembali destinasi wisata alam semongkat ini dengan melakukan pembenahan dan penataan terhadap beberapa fasilitas serta perbaikan kolam pemandiannya. Pemerintah daerah harus berani menginvestasikan anggaran perbaikan dan pemeliharaan karena bila dilakukan secara baik tentu kedepannya akan banyak dikunjungi oleh wisatawan sebab bagaimanapun juga semongkat dengan seluruh potensi keindahan alamnya memiliki daya tarik dan kekhasan tersendiri yang tidak dimiliki oleh destinasi wisata lainnya. Wasalam…..(indra).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here