Home Foto Desa Tiu Pasai Potensi Wisata Yang Masih Tersembunyi

Tiu Pasai Potensi Wisata Yang Masih Tersembunyi

90
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Jika ditanyakan tentang tiu pasai maka sebagian besar kita akan bertanya-tanya lokasi apakah itu dan dimana berada, sangat berbeda jika yang ditanyakan itu pantai saliperate atau pantai batu gong atau juga lokasi ai beling maka sebagian kita pasti langsung manggut-manggut dan mengatakan mengenal destinasi tersebut. Memang bukan suatu hal yang aneh karena masih banyak lokasi wisata menarik yang ada di Kabupaten Sumbawa dan belum dikenal oleh mereka-mereka yang suka dengan keindahan alam.

Kebanyakan lokasi-lokasi yang menyimpan keindahan tersebut berada dilokasi yang relatif jauh dan agak sulit dijangkau, hal ini tidak terlepas dari kurangnya sarana dan fasilitas yang dapat digunakan untuk mengujungi lokasi wisata tersebut. Biasanya anak-anak muda dari kecamatan Lape dan Kecamatan Lopok kerap mengujungi lokasi wisata ini secara beramai-ramai .

Tiu pasai merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di olat kenangi yang berada di Kecamatan Lape tepatnya masuk dalam wilayah Dusun Satompa Desa Dete. Lokasi wisata ini hanya dapat dilewati dengan berjalan kaki karena akses jalan belum tersedia, untuk menuju ke lokasi tiu pasai kita harus melewati jalan setapak dengan menyusuri persawahan dan hutan kecil. Waktu yang dibutuhkan untuk menuju lokasi ini sekitar 1 jam perjalanan dari ibu kota kecamatan lape

Tiu Pasai merupakan wisata alam yang berbentuk air terjun kecil dengan suasana alam indah dan struktur bebatuan yang bertingkat dan rapi dengan air yang jernih dan segar. Lokasi wisata ini alami dan asri sungguh sangat mempesona keindahan dan keunikannya memiliki nilai tersendiri bagi mereka yang menyukai suasana alam yang jauh dan tertarik untuk menikmati gemericik air yang mengalir dari perut hutan. Aliran air yang terdapat di tiu pasai ini berasal dari perut hutan olat kenangi

Kedepan untuk dapat menjadikan Tiu Pasai sebagai salah satu destinasi wisata minimal untuk wisatawan lokal mengingat lokasi wisata ini memiliki keunikan tersendiri maka perlu dilakukan upaya-upaya nyata yang memudahkan wisatawan mengunjungi lokasi tersebut. Diantara hal yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Membentuk tim kecil untuk melakukan kajian apakah lokasi wisata tiu pasai memiliki potensi untuk dikembangkan.
  2. Membangun infrastruktur untuk memudahkan wisatawan untuk mengujungi lokasi tersebut minimal akses jalan yang ditempuh dapat dengan menggunakan sepeda motor.

Semoga kelak terdapat keinginan untuk mengembangkan tiu pasai sebagai lokasi wisata baru paling tidak dengan memudahkan masyarakat penyuka wisata alam untuk dapat mengunjunginya….wasalam (indra).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here