Home Info Samawa Pesona Produk Lokal dan Khas Sumbawa

Pesona Produk Lokal dan Khas Sumbawa

136
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Gugusan pulau yang dahulu dikenal sebagai sunda kecil ini berjejer bagai zamrut dikatulistiwa dan sekarang pulau-pulau tersebut dikenal sebagai Propinsi NTB. Terdapat 2 pulau besar yang menghuni propinsi ini salah satunya adalah pulau Sumbawa, di Pulau Sumbawa terdapat 5 kabupaten/kota yang salah satunya adalah Kabupaten Sumbawa dengan luas wilayah daratan 6.643,98 Km2  dan luas perairan laut 4.912,46 km2. Secara administratif Kabupaten Sumbawa terdiri dari 24 kecamatan, 157 desa dan 8 kelurahan.

Dengan luas wilayah tersebut maka tidaklah mengherankan bila di kabupaten ini juga terdapat berbagai macam produk lokal dengan keunikan dan khasannya yang mengundang decak kagum. Penulis mencoba merangkum potensi produk lokal yang terkenal dan telah menasional tersebut sebagai berikut :

  1. Madu Sumbawa

Hampir semua kita mengenal madu salah satu minuman yang banyak mengandung manfaat dan madu sudah tidak disangsikan lagi khasiatnya untuk menyehatkan dan menyegarkan tubuh. Madu juga berfungsi untuk menyeimbangkan kadar kolestrol dalam tubuh selain itu madu juga kaya akan anti oksidan yang bermanfaat sebagai pencegah sel beberapa jenis kanker.

Sumbawa merupakan salah satu daerah penghasil madu, madu yang dihasilkan dari pulau ini dikenal luas sebagai salah satu madu terbaik. Sebagian besar madu yang ditawarkan di sumbawa adalah madu hutan asli yang diperoleh petani madu dari sarang-sarang lebah madu yang tersebar dibelantara hutan sumbawa.

Selain madu yang diperoleh langsung dari hutan saat ini Pemerintah Sumbawa juga sedang giat-giatnya menggalakan ternak lebah madu yang berada di Kecamatan Batulanteh. Dilokasi ini juga diberikan kesempatan kepada wisatawan untuk ikut merasakan sensasi memerah madu langsung dari sarangnya sedangkan untuk harga beli madu sumbawa ini berkisar antara Rp. 100.000 s/d Rp. 150.000,- per botol.

dan seiring makin terkenalnya madu sumbawa, mulai banyak oknum-oknum yang memanfaatkan kesempatan ini untuk meraih keuntungan singkat dengan cara membuat madu palsu yang dioplos dengan campuran gula dan air. Menyadari hal tersebut pemerintah Sumbawa memfasilitasi berdirinya sentral-sentral madu yang dapat memudahkan wisatawan mendapatkan madu asli Sumbawa.

  1. Susu kuda liar

Selain sebagai penghasil madu, Sumbawa dikenal juga sebagai penghasil susu kuda liar hal ini mungkin karena didukung oleh banyaknya ternak kuda di wilayah ini. Susu kuda liar menjadi oleh-oleh khas yang dapat dibawah pulang dari pulau sumbawa. Terdapat banyak khasiat yang bisa didapat dari meminum susu kuda liar ini diantaranya (1). Kandungan nilai gizinya hampir mirip dengan ASI yang mengandung sederet vitamin dan mineral penting bagi perkembangan tubuh. (2). Melancarkan pencernaan, susu kuda liar ini banyak dipercaya sebagai obat alami untuk membantu menyembuhkan beragam masalah pencernaan. (3). Memiliki kadar kalori yang rendah sehingga orang-orang yang meminum susu kuda liar tidak perlu takut gemuk karena susu kuda liar hanya mengandung  44 kalori yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan susu sapi sebesar 64 kalori.

Selain nilai gizi yang dikandungnya susu kuda liar juga menjadi burun kaum pria karena dipandang dapat meningkatkan gairah dan semangat

Berbicara tentang kuda penghasil susu ini sebenarnya bukanlah sungguh-sungguh kuda liar dan tidak ada pemiliknya namun kuda yang oleh pemiliknya dibiarkan bebas berkeliaran mencari makan sendiri dipadang-padang savana yang banyak terdapat di Sumbawa dan proses pemerahan susu kuda inipun tidak ada bedanya dengan pemerahan susu pada sapi atau kambing.  

  1. Minyak urut Sumbawa

Berbicara tentang Sumbawa maka kita akan dibawah untuk menengok salah satu warisan leluhur tanah samawa yang dipercaya memiliki khasiat dan bermanfaat untuk kesehatan. Warisan leluhur tersebut adalah minyak asli sumbawa yang pembuatannya hanya dilakukan pada waktu-waktu tertentu saja, biasanya pada bulan muharam (dalam kalender islam) dan dilakukan oleh laki-laki tanpa keterlibatan kaum wanita. Minyak sumbawa ini dibuat dari ramuan bebagai jenis rempah-rempah dan akar-akar kayu yang diolah sedemikian rupa disertai dengan doa-doa. Perihal pembuatannya yang dilakukan pada bulan tersebut mengandung maksud agar minyak yang diproduksi tersebut memiliki keampuhan dalam pengobatan.

Pada umumnya minyak sumbawa yang merupakan salah satu produk kearipan lokal ini digunakan untuk penyembuhan penyakit yang disebabkan oleh aktifitas sehari-hari misalnya keseleo, patah tulang, salah urat dan lain sebagainya. Sedangkan untuk penamaannya biasanya diberikan langsung oleh peracik minyak tersebut atau yang biasa orang sumbawa sebut sebagai sandro diantaranya minyak bisa ngaram, sanyaman parana, sakoat ade lopas, rungkas pagar, ampen kakak dan lain-lain.

Guna melestarikan warisan leluhur ini pemerintah memfasilitasi pembuatannya dalam bentuk festifal melala yang rutin dilaksanakan setiap tahun yang diikuti oleh seluruh kecamatan yang ada dengan sandro-sandro handal dan mumpuni.

  1. Terasi Empang

Terasi meupakan salah satu bumbu masakan yang umumnya terbuat dari udang atau ikan yang difermentasikan dengan warna yang hitam kecoklatan dengan tekstur seperti pasta yang agak kasar dan memiliki aroma yang sangat menyengat.

Salah satu kecamatan yang menjadi sentra pembuatan terasi di Kabupaten Sumbawa adalah Kecamatan Empang sehingga orang banyak lebih mengenalnya sebagai terasi empang. Terasi yang dipoduksi di empang ini berbahan dasar udang kecil dengan tanpa menggunakan pengawet atau pewarna sehingga terasi-terasi disini memiliki cita rasa yang lebih gurih dan segar.      

Demikian 4 produk lokal Sumbawa yang terkenal bukan hanya disekitaran Sumbawa saja namun banyak dimanfaatkan oleh masyarakat diluar pulau Sumbawa.

Wasalam…..(indra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here