Home Wisata Desa Tiga Pesona Wisata Kuliner Yang Wajib Anda Kunjungi

Tiga Pesona Wisata Kuliner Yang Wajib Anda Kunjungi

52
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Sumbawa ternyata tidak hanya terkenal dengan madu dan susu kuda liarnya saja, namun sumbawa juga menyimpan potensi wisata pantai yang enak, unik dan pantas untuk dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Sumbawa. Sebagaimana  ditempat lain lokasi wisata kuliner ini awalnya juga muncul secara alami, diawali dari beberapa pedagang yang menjajakan makanannya lalu seiring berjalannya waktu dan memiliki cita rasa tersendiri serta didukung suasana alam yang asri menjadikan lokasi wisata ini ramai dikunjungi wisatawan. Dengan berbagai potensi yang memungkinkan untuk dikembangkan, pemerintah daerah mulai memfasilitasi lokasi wisata ini dengan membangun lokasi dagang yang lebih layak serta memberikan pendampingan pengelolaan lokasi wisata yang lebih menarik.

Berikut ini adalah lokasi-lokasi wisata kuliner yang menarik dan patut untuk dikunjungi di Sumbawa :

  1. Wisata Kuliner Jagung Rebus.

Wisata kuliner jagung rebus ini lokasinya terletak diluar kota Sumbawa, jarak dari pusat kota sekitar 30 km yang apabila ditempuh dengan menggunakan sepeda motor atau mobil memakan waktu lebih kurang 45 menit. Walaupun jaraknya relatif jauh namun akses menuju lokasi sangat mudah karena letaknya yang berada persis dipinggir jalan negara atau tepatnya berada di jalan lintas Sumbawa – Alas. Lokasi wisata ini berada di sepanjang jalan desa Rhee  Kecamatan Rhee.

Lokasi wisata jagung rebus ini memang terlihat biasa dan sangat umum karena berada di pinggir jalan namun yang menarik jenis jagung yang dijajakan di lokasi wisata ini adalah jagung manis yang khusus ditanam untuk direbus dan dijual dipinggir jalan. Umumnya yang menikmati kuliner jagung rebus ini adalah para pengguna jalan yang sedang melintas dari wilayah barat ke timur Sumbawa ataupun sebaliknya dari wilayah timur dan sedang menuju ke barat Sumbawa lalu istirahat sejenak sembari menghilangkan penat dalam perjalanan sekaligus menikmati manisnya jagung rebus.

Selain dinikmati ditempat, banyak juga dari pembeli yang khusus membeli dalam jumlah lebih untuk dijadikan oleh-oleh ketika sampai dirumah dengan harga yang sangat bersahabat. Deretan warung-warung yang menjajakan jagung rebus ini memanjang selepas jembatan kembar Desa Rhee hingga mendekati pemukiman penduduk di dusun meno, terdapat puluhan warung yang buka dari pagi hingga malam hari bahkan ada beberapa yang buka hingga subuh.

  1. Wisata Kuliner Pantai Goa

Wisata kuliner ini terletak dipantai goa desa karang dima Kecamatan Labuan Badas, jarak dari kota Sumbawa sekitar 10 menit perjalanan dengan menggunakan sepeda motor atau mobil. Dilokasi ini khusus menawarkan makanan dengan bahan dasar ikan dan yang menjadi trademarknya adalah ikan bakar. Lokasi wisata ini cukup unik karena menawarkan 3 wisata sekaligus yakni wisata kuliner ikan bakar, wisata pantai dan wisata sejarah berupa goa kecil yang merupakan goa sisa peninggalan Jepang.

Umumnya  wisatawan yang datang adalah wisatawan lokal namun tidak sedikit juga wisatawan dari luar Sumbawa terutama mereka yang sedang ada tugas/pekerjaan di Sumbawa. Biasanya pengujung mulai ramai berdatangan ketika menjelang jam makan yakni siang hari, sore dan menjelang malam hari.

Sensasi rasa yang ditawarkan dari ikan bakar disini adalah sambal kecapnya yang demikian sedap dibarengi dengan rasa ikan yang masih segar. Ikan bakar yang dijajakan dipantai goa ini sebagian dipasok dari nelayan-nelayan kecil yang menggunakan sampan/perahu.

Dipantai goa ini juga terdapat dermaga milik Dislutkan yang digunakan sebagai pangkalan pendaratan ikan yang biasanya dimanfaatkan juga untuk menyeberang ke Pulaui Moyo dan Pulau Medang oleh masyarakat yang tinggal di kedua pulai tersebut.

Selain itu disepanjang dermaga dimanfaatkan oleh para pancing mania untuk menyalurkan hobi mereka sambil menikmati semilir angin pantai yang berhembus ke arah daratan serta menikmati pemandangan lepas pantai yang begitu menawan.

  1. Wisata Kuliner Pantai Jempol

Lokasi wisata ini terletak di Desa Labuan Sumbawa, berjarak 4 km dari pusat kota Sumbawa. Letaknya yang berdekatan dengan pantai saliperate dan pantai baru membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi terutama oleh anak-anak muda. Pantai jempol sendiri berasal dari kependekan kata jembatan polak yang awalnya berupa dermaga yang digunakan untuk bongkar muat kapal barang namun seiring waktu banyaknya kapal-kapal yang merapat dan berukuran besar serta mulai terjadinya pendangkalan akhirnya dermaga ini tidak dapat lagi digunakan.   

              

Sepanjang pantai jempol ini banyak berdiri warung-warung yang sebelumnya adalah rumah penduduk dan disulap menjadi tempat berdagang yang menawarkan berbagai jenis masakan khas sumbawa mulai dari pelecing kangkung, pelecing ayam, mie sumbawa, sepat dan singang serta masakan nasional lainnya, suasana serasa semakin nyaman saat kita menikmati berbagai jenis makanan yang dijajakan tersebut kita juga dapat merasakan tiupan semilir angin laut yang berhembus dengan pemandangan lepas pantai yang eksotik dengan ditemani secangkir kopi panas/teh manis, wisatawan juga dapat menatap indahnya matahari yang terbenam dikaki langit memberikan kesan yang menenangkan sembari meresapi deburan ombak dibibir pantai.

Ketiga lokasi wisata kuliner tersebut seolah telah menjadi ikon dari pariwisata sumbawa yang mulai menggeliat menggoda pelancong untuk datang menikmatinya.

Wasalam…..(indra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here