Home Sosok Inspiratif Pesan Kehidupan Dari Sang Nenek

Pesan Kehidupan Dari Sang Nenek

78
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Siang itu, ketika asyik mengobrol bersama teman-teman sambil menikmati kopi dan teh hangat yang disugukan oleh salah seorang petugas koperasi Darma Wanita pada komplek perkantoran Bupati Sumbawa, tiba-tiba seorang nenek datang menghampiri menjajakan dagangannya, dari raut wajahnya yang tua jelas terlihat keletihan dan rasa capai karena perjalanannya sudah cukup jauh berkeliling ditambah panasnya terik matahari, rasa ibaku pun seketika menyeruak, akupun tak kuasa menahan rasa ingin tahuku tentang siapakah nenek ini sebenarnya. diusianya yang sudah tidak muda lagi bahkan menurut pandanganku beliau sudah tergolong sangat sepuh dan diusia setua ini seharusnya beliau istirahat dan menikmati sisa-sisa usianya bersama cucu-cucu tercintanya.

disela-sela beliau menawarkan jajanannya, sambil tersenyum dan memperlihatkan perasaan bangga padanya akupun bertanya, nek siapa namanya, sambil tersenyum beliau menyebutkan namanya Nurhayati, kemudian aku melanjutkan dengan bertanya berapa usianya saat ini dan sesuai perkiraanku umur sang nenek sekarang sudah menginjak 70 tahun, mendengar jawaban sang nenek rasa takjubkupun tak tertahankan.
Dengan tetap menunjukan rasa heran dan bangga aku menyantap jajanan pasar yang sang nenek letakkan dimeja kami.

Sang nenek yang biasa disapa pin ati ini, hari-hari beraktivitas menjajakan jajanan tradisional dari rumah ke rumah dan dari kantor ke kantor, ada rasa lelah disenyumnya namun rasa lelah itu tertutupi oleh rasa malu apabila ia harus meminta-minta dengan menadahkan tangan mengaharap belas kasih orang lain, demikian ujarnya.

Disela bincang-bincang nenek tersebut dengan kami, ada sebuah inspirasi dan pesan yang terlihat diwajahnya, bahwa walaupun diusianya yang sudah lanjut, beliau tetap semangat mencari rezeki dan beliaupun berpesan, kepada kami agar manfaatkan umur kalian yang masih muda dan jangan mudah menyerah karena hidup adalah perjuangan.

Sambil mengacungkan jempol dan tersenyum berlalu seakan memberikan isyarat kepada kita untuk tetap semangat dalam perjuangan hidup dan buang jauh-jauh rasa gengsi, agar kita yang masi muda ini menjadi generasi yang kuat dan mandiri serta optimis dalam menggapai masa depan yang lebih baik.  (manaja)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here