Home Berita Pemerintah Siapkan RISHA Untuk Korban Gempa Sumbawa

Pemerintah Siapkan RISHA Untuk Korban Gempa Sumbawa

81
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Gempa bermagnitudo 7.0 SR yang melanda Wilayah Kabupaten Sumbawa pada 19 Agustus 2018 lalu, mengakibatkan kerusakan yang cukup parah pada 4 kecamatan yaitu Kecamatan Alas Barat, Alas, Buer dan Kecamatan Lunyuk. Sesuai data terkahir yang berhasil dihimpun pemerintah tercatat sebanyak 7 orang meninggal dunia, 684 orang luka-luka, dan 49.188 orang harus tinggal di tenda-tenda pengungsian. Belum lagi kerusakan bangunan sebanyak 9.040 unit sarana permukiman dan 230 unit sarana pendidikan, kesehatan dan keagamaan juga mengalami kerusakan.

Dengan berakhirnya masa tanggap darurat, maka pemerintah mendorong untuk proses selanjutnya melalui tahap pemulihan dan rehabilitasi, tujuannya  agar sarana dan prasarana vital seperti rumah hunian masyarakat yang rusak sanitasi, sarana pendidikan dapat segera pulih kembali, sehingga masyarakat dapat melakukan aktifitasnya sehari-hari dan menggerakan kembali roda perekonomiannya.

Memulai tahapan pemulihan tersebut pada Senin pagi (2/10) Bupati Sumbawa H.M. Husni Djibril, B.Sc. menghadiri acara Pemasangan Panel RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat) Bantuan Stimulan Rumah Rusak Berat Akibat Gempa, di halaman kantor Camat Alas Barat.

Dikatakan, Untuk menangani dampak gempa yang melanda Kabupaten Sumbawa, Pemerintah Daerah tidak mampu bekerja sendiri tanpa support dan solidaritas dari pihak-pihak terkait lainnya, khususnya Kementerian PUPR dan BNPB. “atas nama Pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa sangat mengapresiasi dan menyambut baik program pembangunan Rumah Instan Sederhana Sehat ini” ujar Bupati.

Kami sangat berterimakasih atas perhatian dan kepeduliannya dalam membantu pemerintah daerah, membangun Rumah Instan Sederhana Sehat ini. Insya allah rumah ini nantinya akan sangat bermanfaat, terutama bagi masyarakat kita yang terdampak gempa”. lanjut Bupati.

Pada acara pemasangan panel RISHA ini hadir Direktur Pengembangan Kawasan Pemukiman Kementerian PUPR, Ir Didiet Arief Hidayat, M.Sc. dan beliau menyampaikan bahwa RISHA merupakan bangunan yang aman, telah teruji dan sudah ada buktinya dilapangan. Dikatakan, Kementerian PUPR juga telah mendatangkan tenaga ahli untuk melakukan pendampingan bagi korban dan memastikan rumah yang dibangun bebas gempa.

Sementara itu, untuk mendukung dan membantu percepatan pembangunan, rehabilitasi dan rekonstruksi korban gempa di wilayah Sumbawa dan Sumbawa Barat yang termasuk sector IV, pemerintah menugaskan tenaga ahli dan TNI.  Kolonel Anggit Exton selaku Dan Sektor IV/Sumbawa menyampaikan, RISHA merupakan rumah yang ditentukan oleh Kementerian  karena telah diuji secara laboratorium tahan gempa. “kami harapkan masyarakat korban gempa aktif dalam membantu, dengan membuat kelompok-kelompok untuk membangun rumah sendiri, yang secara teknis akan didampingi oleh tenaga ahli dan TNI” harapnya.

Turut hadir pada acara tersebut, Anggota Fokopimda Kab. Sumbawa, Pimpinan OPD Kab. Sumbawa, Jajaran Kementerian PUPR, para Camat, Kepala Desa serta para korban bencana gempa. (KH74)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here