Home Kuliner Tradisional Pantai Goa dan Potensi Kulinernya

Pantai Goa dan Potensi Kulinernya

81
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Salah satu kawasan wisata yang dilengkapi dengan kuliner masakan laut dan menjadi salah satu andalan Kabupaten Sumbawa dalam pengembangan destinasi wisata adalah kuliner yang berada dipantai Goa Tanjung Pengamas desa Karang Dima, lokasi yang berjarak sekitar 8 km dari pusat kota Sumbawa. Untuk menuju ke lokasi pelancong dapat menggunakan angkutan umum seperti taksi dan bemo atau dapat juga dengan menggunakan kendaraan pribadi. Lokasi kuliner ini sedemikian terkenal sehingga selalu menjadi rujukan penggemar masakan laut dan selalu dipromosikan kepada setiap tamu-tamu yang datang berkungjung ke Kabupaten Sumbawa, walaupun hanya ada satu alternatif jenis masakan yang ditawarkan yakni ikan bakar. Namun hal itu tidak mengurangi keinginan masyarakat untuk mengunjungi dan menikmati sensasi rasa ikan bakar yang ditawarkan.  Menikmati sensasi ikan bakar dengan diiringi deburan ombak dan hembusan angin laut adalah satu hal yang menggoda pelancong yang pernah berkunjung untuk datang kembali dan menikmai suasananya.

Pantai goa dan wisata kuliner yang ditawarkan adalah potensi wisata alternatif yang dapat dikembangkaan selain wisata alam yang mulai banyak ditemui.  Terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki kuliner dipantai goa ini jika dibandingkan dengan wisata kuliner yang lain, diantaranya ikan yang ditawarkan selalu ikan segar yang khusus didatangkan oleh nelayan-nelayan yang berasal dari pulau bungin, selain itu tentunya harga yang relatif terjangkau.

terdapat banyak potensi wisata yang dapat digarap dan dikembangkan dipantai goa ini sehingga dapat menarik wisatawan untuk datang berkunjung dan menikmati masakan yang ditawarkan. Salah satunya misalnya variasi jenis masakan yang ditawarkan tidak hanya sebatas ikan bakar saja tetapi juga ada jenis-jenis masakan laut lain yang dapat memancing selera makan wisatawan. Misalnya olahan masakan singang, sepat dan sirasang dengan bumbu khas sumbawa atau masakan palumara santan yang gurih.

Pantai goa dan wisata olahan kuliner ikan yang ada ini selain memiliki sejumlah hal menarik terdapat juga hal-hal yang nampaknya menjadi kekurangan dan luput dari perhatian para pedagang yang ada.  Kekurangan tersebut diantaranya adalah ketika wisatawan sedang bersantap terdapat banyak sekali lalat yang mengganggu dan berterbangan disekitar makanan. Banyaknya lalat ini seolah-olah sedang berlomba dengan wisatawan untuk berebutan menikmati makanan yang disajikan. Keberadaan lalat ini selain nampak jorok juga sangat mengganggu dan mengurangi selera makan. Upaya untuk mengusir lalat-lalat tersebut dengan memasang lilin sepertinya juga tidak berhasil dan sia-sia karena begitu banyaknya lalat yang ada. Banyaknya lalat yang berterbangan tersebut salah satunya bisa jadi karena kurang dijaganya kebersihan dikawasan tersebut. Limbah ikan yang dibuang tidak pada tempatnya menjadi salah satu yang menarik datangnya lalat-lalat tersebut.  Selain itu ketersediaan toilet yang baik juga menjadi salah satu keluhan wisatawan, toilet yang ada saat ini tidak dapat berfungsi dengan maksimal selain tentunya juga kebersihan dari toilet itu sendiri juga masih memerlukan perhatian.

Maka dari itu pantai goa dan wisata kulinernya ini masih harus tetap mendapatkan perhatian dan bimbingan dari dinas terkait terutama yang berhubungan dengan kebersihan, kenyamanan dan keindahannya sehingga kedepannya akan lebih menarik dan menjadi andalan pariwisata di Kabupaten Sumbawa yang kita cintai ini.

Semoga, wasalam……(indra).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here