Home Berita Mengenal Perangkat Jaringan

Mengenal Perangkat Jaringan

24
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Komunikasi hampir sama pentingnya bagi kita dengan ketergantungan kita pada udara, air, makanan, dan tempat tinggal. Melalui penggunaan teknologi digital, manusia terhubung tidak seperti sebelum-sebelumnya. Teknologi jaringan merupakan sebuah perkembangan teknologi yang sangat membantu kita dalam berkomunikasi terutama untuk komunikasi dua arah pada jarak yang jauh. Teknologi jaringan ini merupakan sebuah komunikasi yang saling bertukar dan telah terhubung, dapat digunakan secara serempak yang melibatkan banyak orang atau hanya dengan 2 (dua) orang saja. Namun teknologi jaringan ini juga membutuhkan perangkat jaringan agar dapat terhubung dengan Internet.

Dalam penggunaan teknologi jaringan, terdapat 3 (tiga) macam perangkat yang dibutuhkan agar dapat terhubung dengan internet, yaitu: End Devices, Intermediary Devices, dan Network Media.

End devices merupakan perangkat yang cukup populer dalam dunia jaringan. Perangkat ini memberi bentuk bagi antar muka interface antara pengguna dengan jaringan komunikasi dasar. Contoh dari perangkat end devices adalah Server, Komputer, Laptop, Handphone, dan Tablet.

Adapun perangkat yang termasuk dalam Intermediary Devices adalah Router, Switch, Multilayer Switch, dan Firewall Appliance. Perangkat ini berfungsi untuk menghubungkan antar end devices. Contohnya router yang merupakan sebuah alat untuk mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch dimana switch hanya menghubungkan device dalam satu Local Area Network (LAN). Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch adalah diibaratkan switch merupakan suatu jalanan, dan router merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah (end devices) berada pada jalan yang memiliki alamat tertentu dimana alamat ini dalam suatu LAN disebut sebagai IP Address.

Adapun Network Media merupakan media transmisi yang digunakan dalam jaringan tersebut. Media transmisi tersebut dibagi menjadi wireless, ethernet atau kabel UTP, dan fiber optic (cahaya). Dalam dunia jaringan, media transmisi yang sering dan paling banyak di gunakan adalah cable dan wireless.   Demikianlah gambaran umum terkait perangkat-perangkat yang mendukung sebuah jaringan, semoga bermanfaat. (Rd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here