Home Berita Mengenal Digital Talent Scholarship

Mengenal Digital Talent Scholarship

20
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.comAdanya penyebaran Corona Virus Diseases 2019 (Covid-19) membuat dunia pendidikan Indonesia berubah 180 derajat, tak terkecuali di Kabupaten Sumbawa. Pemerintah Indonesia memberlakukan pembatasan wilayah secara ketat atau lockdown dan pembatasan fisik sosial atau physical distancing di beberapa daerah. Pembelajaran daring (online learning) dengan pemanfaatan teknologi informasi menjadi satu-satunya solusi di era pandemi Covid-19 ini. Namun demikian kondisi ini juga memberikan dampak positif bagi masyarakat agar akrab dengan dunia digital dan memanfaatkan berbagai sumber daya yang disajikan oleh internet bagi peningkatan SDM, seperti yang ditawarkan oleh Digital Talent Scholarship.  

Pada periode 2020, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menandatangani nota kesepahaman dengan 88 perguruan tinggi di Indonesia untuk program Digital Talent Scholarship, dimana mereka menargetkan akan ada 60.000 lulusan program tersebut di tahun ini. Adapun program Digital Talent Scholarship ini dilakukan untuk mendukung sumberdaya manusia menuju era industri digital. Kominfo sejak tahun 2018 telah mengadakan program Digital Talent Scholarship ini berupa beasiswa pelatihan keterampilan bidang teknologi informatika.

Pada 2019 program Digital talent Scholarship menjangkau 26.000 orang. Peserta dibagi ke dalam empat akademi yaitu Fresh Graduate Academy, Vocational School Graduate Academy, Coding Teacher Academy dan Online Academy. Tahun ini program tersebut menambah dua akademi baru yakni Thematic Academy dan Regional Development Academy untuk penyandang disabilitas, masyarakat yang tinggal di daerah terluar, terdepan dan tertinggal serta masyarakat yang ada di kawasan prioritas pembangunan.

Kominfo memprediksi pada 2035 Indonesia membutuhkan 9 juta talenta digital. Jika dibagi rata, hingga tahun tersebut Indonesia perlu mencetak 600.000 talenta digital setiap tahun.

Digital Talent Scholarship pada 2020 juga menawarkan pelatihan dalam beberapa bidang, antara lain; artificial intelligence, big data analytics, cloud computing, cybersecurity, internet of things dan machine learning. Selain itu, ada juga pelatihan di bidang animasi, network administration, digital policy, digital entrepreneurship, digital communication, business intelligence, financial technology dan blockchain. Info lebih detail bagi para talenta digital terkait beasiswa ini dapat di lihat pada link https://digitalent.kominfo.go.id/ (Rd).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here