Home Entertainment KEKEYI DICELA, NIKITA DIBELA (Opini soal stereotipe masyarakat kita)

KEKEYI DICELA, NIKITA DIBELA (Opini soal stereotipe masyarakat kita)

24
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Kekeyi, YouTuber yang kerap jadi sorotan pengguna media sosial aktif, karena tutorial make up unik hingga tingkahnya yang lucu dan super PD. Dikenal sebagai seorang beauty vlogger di kanal YouTubenya sejak tahun 2018. Meski dia nggak beauty, seperti beauty vlogger lainnya.Ia banyak bikin video tutorial makeup mulai dari DIY make up, make up challenge, menggunakan media tidak lazim, balon air sebagai beauty blender.

Banyak video Kekeyi yang kemudian menjadi viral karena kesederhanaan dan kelucuannya.Diantaranya adalah video berjudul 25k makeup challenge yang sudah ditonton lebih dari 10 juta kali.Kekeyi pun diundang oleh beberapa stasiun tv, dan acara beberapa artis seperti Nagita Slavina, Anji dan Tasya Farasya.Kemudian lagunya yang berjudul ‘Keke Bukan Boneka’,Baru sehari rilis, langsung nangkring di posisi pertama YouTube Indonesia.Hebatnya, lagu itu menggeser “Sour Candy” milik Lady Gaga Feat. Black Pink. Video tersebut sudah ditonton lebih dari 5,5 juta penonton.

Cara terkenalnya Kekeyi ini beda dengan selebrity yang lain, dibalik konten nyeleneh yang menjadi keotentikannya tersebut, Kekeyi laris jadi bulan2an warganet dikarenakan fisiknya yang tidak mendukung sebagai seorang beauty vlogger. Semua tahulah, tubuhnya gemuk pendek, wajahnya biasa aja dan struktur giginya kurang rapi (saya tidak menyebutnya berantakan), berbanding terbalik dengan stereotipe masyarakat terhadap selebriti atau beauty vlogger yang digambarkan dengan bentuk tubuh, wajah serta gigi yang ideal dan rupawan.

Hal itu menjadi sasaran coment, bahkan tidak sedikit yang membully baik di kolom komentar media sosial miliknya maupun secara langsung. Tidak sedikit warganet yang tidak bisa menahan diri, mampir ke kanal Youtubenya hanya untuk memberikan kritik pedas.Seperti dalam videonya ‘Make up in Bebek, dan pakaiin hijab, jadi wanita muslimah banget’, itu mendapat 3,5 ribu komentar. Dan kebanyakan nyinyir. Apa kata Kekeyi :”Alasan aku bikin make up tutorial, karena dulu pernah dibully aja sih. Dibully jelek, kamu pendek, kamu gemuk. Terus kenapa sih orang gemuk, pendek kayak aku gak bisa cantik? Kan harusnya juga bisa cantik, awalnya dari situ”, ungkap Kekeyi saat ngobrol santai dengan Nagita Slavina

Di chanel You Tube Dunia Manji, Anji menanyakan, “kamu baca nggak coment2 hatters itu?”.”Iya dari dulu aku baca, sakit sih, kok fisik gitu yang dihina, padahal tujuanku cuma untuk menghibur, tapi aku nggak apa2, aku ingin buktikan kalo aku bisa berkreasi”, jawab kekeyi.Awal2 dulu Kekeyi sering nangis dikamar mandi menghadapi kritik pedas netizen, bahkan akun instagramnya pun lenyap karena report netizen yang tidak menyukainya. Padahal selama ini ia mendapat banyak penghasilan dari situ untuk membantu keluarga.

Kata pakar, tipe Kekeyi ini dapat dikategorikan sebagai microcelebrity alias selebriti mikro. yaitu sebagai pengguna teknologi dan platform media digital untuk mengumpulkan popularitas dengan tampil di internet. Microcelebrity menampilkan diri mereka sendiri tanpa diedit, apa adanya sebagai orang “nyata” dengan masalah yang “nyata” pula.Apa yang dilakukan Kekeyi semata2 untuk menghibur dan menyalurkan keinginannya, bukan untuk menyakiti perasaan orang lain.

Pernah, saat memberikan hadiah ultah untuk mamanya, mamanya nangis terharu. Kekeyi bilang : “Udah, mama jangan nangis, semua yang Keke lakukan, begini begitu, sampai jadi badut pentol, semuanya untuk membahagiakan mama”……………………..Bandingkan dengan sepak terjang Nikita Mirzani, selebrity sensasional ini lekat dengan kontroversi. Tentu masih ingat, Nikita sempat ditahan karena kasus prostitusi online, perseteruan dengan rekan sesama artis, komentar panasnya saat Rizieq Syihab pulang ke Indonesia. Nikita menyebut bahwa gelar habib adalah tukang obat. Komentar ini kontan menimbulkan kegaduhan. Bagaimanapun Rizieq Syihab adalah tokoh agama yang layak dihormati dan punya banyak pengikut di negeri ini. Anehnya, tidak sedikit yang mendukung dan membela Nikita.

Saat tersangkut kasus prostitusi online, banyak yang kasih support macam : “keep strong Niki”.Ketika komentar panasnya kepada Habib Rizieq, sempat menjadi trending topic di Twitter, tidak sedikit yang mendukung Nikita, ada yang bilang bahwa Indonesia butuh orang ‘gila’ untuk menghadapi orang yang mabuk agama.Taggar #KitaNikita menjadi trending di jejaring sosial waktu itu.

Dalam sebuah live Instagram, lagi2 Nikita bikin kontroversi soal syurga dan neraka, katanya :”Lagian gue udah bilang, gue enggak gila-gila masuk surga, say, gue di neraka juga enggak apa-apa, happy ketemu teman-teman gue banyak,” dikutip dari Instagram, Senin (23/11/2020).Nikita mengaku, merasa senang jika kelak masuk neraka karena bisa bertemu dengan sejumlah artis dunia yang sudah meninggal.”Siapa tahu gue bisa bikin acara di situ. Ketemu Michael Jackson, penyanyi cewek reggae yang meninggal gara-gara overdosis itu, Amy Winehouse, di neraka,” ujar Nikita.

Ngawur memang, sebagai public figur dan penganut Islam, pernyataan ini membuat kita mengurut dada. Ada kesan berolok2 dan menganggap enteng siksa neraka. Dari mana dia dapat bocoran kalo artis-artis kebanyakan masuk neraka dan bagaimana sempat bikin acara disana, sementara neraka itu tempatnya siksaan ?.

Wakil Ketua Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Ustadz Syamsul Hidayat, di Republika.co.id, 7 Juli 2021, menjelaskan, mengolok-olok perkara agama serta menganggap ringan siksa Allah di neraka, mendapat kecaman keras dari Allah sebagaimana dapat ditemukan dalam beberapa ayat di Alquran. يَحْذَرُ الْمُنَافِقُونَ أَنْ تُنَزَّلَ عَلَيْهِمْ سُورَةٌ تُنَبِّئُهُمْ بِمَا فِي قُلُوبِهِمْ ۚ قُلِ اسْتَهْزِئُوا إِنَّ اللَّهَ مُخْرِجٌ مَا تَحْذَرُونَ“Orang-orang yang munafik itu takut akan diturunkan terhadap mereka sesuatu surat yang menerangkan apa yang tersembunyi dalam hati mereka. Katakanlah kepada mereka: Teruskanlah ejekan-ejekanmu (terhadap Allah dan rasul-Nya). Sesungguhnya Allah akan menyatakan apa yang kamu takuti itu.” (QS At-Taubah: 64). وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ لَيَقُولُنَّ إِنَّمَا كُنَّا نَخُوضُ وَنَلْعَبُ ۚ قُلْ أَبِاللَّهِ وَآيَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنْتُمْ تَسْتَهْزِئُونَ “Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentulah mereka akan manjawab. Sesungguhnya kami hanyalah bersenda gurau dan bermain-main saja. Katakanlah : Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?” (QS At-Taubah: 65).”Agama itu tidak boleh dibuat main-main. Bisa jadi itu menunjukan kadar imannya rendah atau bahkan tidak ada lagi dalam hatinya. Tidak lagi mempercayai akhirat, tidak percaya balasan yang diberikan Allah,”..

Seorang Muslim sudah seharusnya menentang dan tidak mendukung orang-orang yang mengolok-olok agama, menjadikan orang seperti itu sebagai teman saja tidak boleh apalagi mendukung, kalau mendukung hukumnya sama seperti orang itu (orang yang mengolok-olok agama),” lanjut Ustadz Syamsul. Karena sering bikin kontroversi, Uus komedian pernah mewawancarai Nikita, apakah sederet kontroversi yang dibuatnya berpengaruh terhadap rating acara Nikita di TV (Nih Kita Kepo). Ternyata acara Nikita stabil, malah sempat menembus rating 22. Uus sampai heran, acara dia sendiri cuma mencapai rating 10, itupun dengan susah payah.

Dari dua type diatas kita bisa melihat perbedaan penilaian masyarakat yang tidak seimbang. Ternyata penilaian bukan mutlak berdasarkan baik dan buruknya akhlak seseorang, tapi orang lebih berfihak kepada penampilan fisik (cantik, ganteng).Stereotipe bahwa selebritis harus rupawan di Indonesia betul2 terjadi. Stereotipe daya tarik fisik melahirkan asumsi bahwa ‘yang cantik adalah baik’.Penyebab timbulnya stereotip menurut Baron dan Paulus (Mulyana, 2000 : 220) dalam “Psikologi Umum” bahwa sebagai manusia cenderung membagi dunia ini dalam dua kategori : “kita” dan “mereka”, dan menilai berdasarkan informasi umum yang dianggap benar, generalisasi.Itu sebabnya orang rupawan fisiknya, bisa mempengaruhi pendapat orang lain, diperlakukan lebih sopan, selalu mendapat kemudahan dan dianggap lebih berhasil dalam hidupnya.Ternyata benar, di negeri ini, keadilan sosial hanya bagi yang good looking aja.

Wahyuddin samawa

Foto by Herstory, wanita,cinta &cerita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here