Home Berita Kabupaten Sumbawa, Daerah Paling Progresif Menurunkan Angka Stunting

Kabupaten Sumbawa, Daerah Paling Progresif Menurunkan Angka Stunting

19
0
SHARE

Sumbawa Besar, RumahInformasiSamawa.com – Kabupaten Sumbawa ditetapkan sebagai 100 lukos nasional target penurunan stunting. Tahun 2018-2019. Kabupaten Sumbawa melakukan aksi konvergensi penurunan stunting dengan melakukan intrvensi sensitif dan spesifik melibatkan 13 OPD, di 25 Desa lokus stunting, dgn anggaran Rp 51 Milyar.

Kabupaten Sumbawa berhasil ditetapkan sebagai Kabupaten Terbaik dan Terinspiratif dalam Pencegahan dan Penurunan Stunting Terintegrasi di NTB pada tahun 2019.

Penandatanganan MoU penurunan Stunting

Kabupaten Sumbawa meraih Peringkat I, disusul Kabupaten Lombok Timur pada Peringkat II dan Kabupaten Bima pada Peringkat III. Selain itu, Kabupaten Sumbawa juga berhasil meraih predikat Kabupaten Terinspiratif dalam hal kinerja pencegahan dan penurunan stunting, sedangkan Kabupaten Ter-replikatif diraih Kabupaten Sumbawa Barat, dan Terinovatif diraih Kabupaten Dompu.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, angka stunting di Kabupaten Sumbawa pada tahun 2017 berdasarkan hasil pemantauan status gizi Bappenas dan Kemenkes RI, menempati urutan tertinggi dari 10 Kab/Kota di NTB yakni mencapai 41,92%.

Pemkab Sumbawa Menerima Penghargaan Dalam Penilaian Kinerja Pencegahan dan Penurunan Stunting

Namun pada tahun 2018, berdasarkan hasil riset kesehatan dasar, angka tersebut turun menjadi 31,53%. Adapun data yang diperoleh dari Pekan Penimbangan, dimana semua balita di Kabupaten Sumbawa diukur dan ditimbang, stunting di Kabupaten Sumbawa turun signifikan menjadi 11,87% pada Bulan November 2018.

Dengan keberhasilan Kabupaten Sumbawa sebagai Kabupaten Terbaik dan Terinspiratif dalam Pencegahan dan Penurunan Stunting Terintegrasi di NTB pada tahun 2019 maka Kabupaten Sumbawa mendapat reward alokasi Dana Insentif Daerah Tahun 2020 sebesar Rp. 11 Milyar dari pemerintah pusat. (ra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here