Home Info Samawa INGO RORO KOKAT

INGO RORO KOKAT

19
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – keinginan untuk hidup dalam lingkungan yang bersih menjadi dambaan hampir seluruh masyarakat dimanapun mereka berada, apalagi akhir-akhir ini istilah, gerakan atau gaya hidup zero waste (nol sampah) terus digaungkan baik oleh individu, kelompok bahkan pemerintah. Sehingga gaya hidup zero waste semakin familiar dan menjadi topic hangat ditengah semakin parahnya permasalahan lingkungan terutama terkait masalah sampah.

Pemerintah Kabupaten Sumbawapun  tak mau ketinggalan untuk terus mendorong dan membumikan gaya hidup zero waste ini, mengambil momen Hari Ulang Tahun ke 61 Kabupaten Sumbawa Gerakan 61 Menit “Ingo Roro Kokat” dilaunching dan diperkenalkan kepada seluruh masyarakat Sumbawa dengan tujuan agar gerakan ini semakin membumi, akrab dan menjadi gaya hidup tau samawa. Hal ini senada dengan pernyataan Wakil Bupati Sumbawa bahwa sejatinya Gerakan “Ingo Roro Kokat” merupakan kebiasaan baik yang sudah sejak dulu ditanamkan oleh para orang tua kita, yang mencerminkan betapa masyarakat Sumbawa adalah masyarakat yang cinta kebersihan dan keindahan. Oleh karenanya lanjut pria yang sehari-harinya disapa H. Mo ini,  spirit tersebut kita angkat kembali seirama dengan tema peringatan Hari Ulang Tahun ke-61 Kabupaten Sumbawa, yakni “Berani Bersih, Hebat!.

Lebih lanjut H. Mo mengatakan bahwa Gerakan “Ingo Roro, Kokat” yang bermakna pungut sampah dan buang pada tempatnya, adalah aksi sederhana untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Mengakhiri sambutannya pria ramah dan murah senyum ini mengajakan masyarakat yang hadir dan sekluruh masyarakat Sumbawa melalui statemennya “Mulai hari ini dan secara berkesinambungan, kita pastikan bahwa Tana’ Samawa akan menjadi kabupaten yang bersih dan sehat, tidak lagi kita temukan sampah-sampah yang berserakan dan lokasi-lokasi penimbunan sampah yang tidak dikelola dengan baik”.

Kegiatan yang berlangsung pada Jum’at, 17 Januari 2020 tersebut mengambil lokasi di Taman Sahabat Kelurahan Brang Bara Sumbawa Besar serta turut dihadiri oleh Sekda Sumbawa, Pimpinan OPD, Camat, Guru, siswa-siswi serta segenap lapisan masyarakat. Selepas acara launching dan gotong royong, Wabup beserta seluruh siswa dan masyarakat, melanjutkan kegiatan memungut sampah sepanjang jalan dari Taman Sahabat menuju Lapangan Pahlawan. Kegiatan serupa juga serentak dilaksanakan di semua kecamatan se Kabupaten Sumbawa. (KH74)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here