Home eKONOMI Petani Penyaring Diantara Potensi dan Kemampuan

Petani Penyaring Diantara Potensi dan Kemampuan

84
0
SHARE

RumahInformasiSamawa.com – Petani adalah orang yang kesahariannya bergelut di bidang pertanian. Namun meski demikian tidak semua petani bisa dihargai. Padahal petani adalah seorang pejuang pangan. Salah satu contoh petani ulet di Desa Penyaring adalah Samidin, B. Meski ditengah pandemi covid-19 Samidin tetap bercocok tanam.

lahan pertanian Penyaring dengan potensi yg sangat luas

Pada MK1 tahun ini Samidin kembali menanam padi dan jagung. Apa yang dilakukan oleh samidin ini tidak semua petani di Desa penyaring bisa melakukannya. Karena, disamping infrastruktur pertanian yang memadai misalnya seperti cekdam,damparit atau embung serta jaringan saluran irigasi hari ini sangat dibutuhkan oleh petani di Desa Penyaring. Ditambah lagi hasil petani ditengah pandemi tahun ini hanya 30 s/d 50 persen saja.

Petani hari ini di Desa Penyaring membutuhkan sentuhan dari pemerintah baik itu pemerintah Daerah, Provinsi dan Pemerintah Pusat. Padahal harus kita akui semua petani adalah pejuang pangan di Indonesia.

Petani Penyaring

Disepanjang perjalan saya dari tadi pagi sampai sore hari. Saya mencoba menggali potensi yang ada di beberapa lokasi yang menjadi milik petani. Misalnya di kelompok buin panan rencana tahun ini akan dibangun embung senilai Rp satu miliar. Tentu hal ini kabar gembira bagi petani di Desa Penyaring. Saya pun bergeser ke kelompok tani lainnya yaitu kelompok tani Bedis Gambing. Di lokasi tersebut juga pemerintah tahun ini merencanakan pembangunan embung yang akan menelan biaya Rp 500 juta. Ini juga menjadi kabar baik.

Selain rencana pembangunan embung buin panan dan bedis gambing juga beredar kabar bahwa ada pembangunan embung jerjak di Desa Penyaring. Serta rehab embung Gerepek dan rehab embung Orong Bungir yang akan menelan anggaran dua ratus juta rupiah.

Kondisi pengairan pertanian dimusim kemarau

Jika benar kabar baik ini tentu para petani sebagaian besar di penyaring Kecamatan Moyo Utara Kabupaten Sumbawa akan tersenyum. Mengingat problem terbesarnya petani di desa penyaring adalah masalah air pupuk serta obat- obatan lainnya seperti herbisida dan pestisida.

sungguh campur tangan pemerintah khususnya Dinas Peryanian sangat diharapkan.

ditunggu di Penyaring….

kontributor : Hermansyah

Editor : Admin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here