Home Berita New Normal, Masyarakat Wajib Terapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat

New Normal, Masyarakat Wajib Terapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat

27
0
SHARE

Sumbawa Besar, RumahInformasiSamawa.com – Bencana pandemi covid 19 yang masih berlangsung dan tidak diketahui kapan akan berlalu, membawa berbagai perubahan dalam hidup manusia. Mulai dari aktivitas seperti bekerja maupun kegiatan belajar yang dilakukan di rumah, sejumlah rencana yang akhirnya harus dibatalkan, hingga perubahan pola dan gaya hidup dengan lebih memprioritaskan kesehatan. Tentu, gaya hidup seperti ini harus dipertahankan, apalagi sebentar lagi akan memasuki apa yang selama ini didengaungkan pemerintah yaitu hidup new normal, hidup dengan tatanan dan cara baru menyesuaikan dengan kondisi.

Wakil Bupati Sumbawa H. Mo menandatangani komitmen deklarasi

Melalui penerapan new normal, diharapkan masyarakat dapat kembali melakukan aktufirasnya sehari-hari seperti bekerja, belajar dan lain sebagainyadengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Namun, demikian sebagian masyarakat kita terutama para ahli kesehatan masih merasa khawatir akan kemungkinan penyebaran penyakit, termasuk virus corona, saat kembali ke rutinitas kerja seperti sedia kala, apalagi jika melihat kebiasaan masyarakat kita yang masih jauh dari prilaku hidup bersih dan sehat.

Kondisi ini disadari betul oleh sebagian besar pemangku kebijakan tak terkecuali jajaran Pemerintah Kabupaten Sumbawa tdengan terus berupaya membangun kesadaran masyarakat tentang urgensi sanitasi dan penerapan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Pembacaan komitmen deklarasi

Pemerintah Kabupaten Sumbawa dalam membiasakan prilaku hidup bersih dan sehat ini mencoba mendorongnya dengan berbasis pada desa, Beberapa desa sudah mulai dicanngkan dan akan terus dilakukan, hipaya ini secara bertahap sudah mulai berjalan, setelah pada hari Kamis lalu Desa Hijrah Kecamatan Lape dinobatkan sebagai desa Sanitasi Total berbasis Masyarakat (STBM), hari ini, Selasa 11 Agustus 2020 giliran Desa Tatede Kecamatan Lopok yang memperoleh predikat yang sama. Desa Tatede dinilai berhasil menuntaskan persoalan-persoalan dalam 5 pilar STBM sehingga layak dideklarasikan sebagai desa STBM di Kabupaten Sumbawa berdasarkan hasil verifikasi tim Pokja AMPL kabupaten pada bulan Februasi lalu.

Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah bersama seluruh penandatangan komitmen deklarasi sesaat setelah penandatanganan dan pembacaan komitmen deklarasi

Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah yang menghadiri deklarasi tersebut mengapresiasi kesadaran masyarakat Desa Tatede Kecamatan Lopok untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Wabup juga menilai, deklarasi desa STBM sangat relevan dilakukan saat ini, di tengah wabah Covid-19 yang belum mereda, sebagai motivasi bahwa melawan Covid-19 dapat dilakukan dengan menggalakkan STBM di lingkungan masing-masing. (KH74)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here