Home Berita Forum Anak Samawa Wadah Partisipasi Anak Dalam Pembangunan

Forum Anak Samawa Wadah Partisipasi Anak Dalam Pembangunan

49
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Forum Anak adalah wadah untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di seluruh Indonesia, dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak. Forum ini dikembangkan pada setiap jenjang administrasi pemerintahan, seperti kelurahan, desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga tingkat nasional. Hal tersebut disampaikan Bupati Sumbawa, yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kab. Sumbawa, Dr. H. Muhammad Ikhsan, M.Pd. pada Penutupan Temu Anak Samawa 2018, Senin (27/8) di Aula Madelau ADT lantai III Kantor Bupati Sumbawa.

Dikatakan, keberadaan forum anak sangat penting dalam rangka memberikan pemahaman tentang bagaimana cara anak memperoleh empat hak dasarnya, yaitu hak hidup, hak tumbuh berkembang, hak perlindungan serta hak partisipasi. Hak-hak tersebut merupakan unsur yang terdapat dalam kehidupan masyarakat serta penyelenggaraan pemerintahan.

Disampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah memberikan kontribusinya dalam membantu forum anak samawa, terutama dalam hal mensosialisasikan agar anak-anak selaku generasi penerus bangsa tidak terlibat dalam hal-hal negatif, seperti : penggunaan narkoba, sex bebas, dan berbagai tindakan kriminal lainnya, seperti pencurian, pembunuhan, dan juga penggunaan senjata tajam.

Lebih jauh dijelaskan, Forum Anak Samawa yang sudah terbentuk diharapkan tidak hanya menampung partisipasi anak dari kelompok-kelompok yang sudah eksis seperti OSIS, Pramuka, Remaja Mesjid dan sejenisnya. Forum Anak Samawa harus mampu menjangkau anak-anak termarjinalkan seperti anak jalanan, anak minoritas, anak berkebutuhan khusus dan anak-anak yang secara geografis terisolasi.

“Insya Allah, kita berkeyakinan bahwa Forum Anak Samawa ini dapat menjadi wadah partisipasi anak serta media untuk mendengarkan, menyuarakan aspirasi, pendapat dan harapan anak dalam proses pembangunan di Kabupaten Sumbawa” ujarnya, sekaligus menutup secara resmi kegiatan Temu Anak Samawa 2018.

Sebelumnya, Andrea Irpandy selaku Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan, bahwa kegiatan Temu Anak Samawa 2018 telah dibuka pada hari Sabtu (25/8) di Aula Hotel Dewi Sumbawa Besar. Temu Anak Samawa 2018 diikuti oleh 18 peserta dari 12 sekolah yang ikut berpartisipasi, dan Bank NTB sebagai sponsor utama kegiatan.

Turut hadir pada acara penutupan tersebut, Kepala Dinas P2KBP3A Kab. Sumbawa, Kepala Bank NTB Cabang Sumbawa, Ketua Lembaga Perlindungan Anak Sumbawa dan Ketua Forum Anak Samawa, Emil Zaman Fiqrah Ranggabarani. (KH74)

Sumber : humaskabsbw

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here