Home Berita Kembangkan Varietas Unggul, Kejar Sumbawa Jadi Sentra Produksi Bawang Merah

Kembangkan Varietas Unggul, Kejar Sumbawa Jadi Sentra Produksi Bawang Merah

118
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – “Bawang merah memiliki nilai ekonomis yang relatif tinggi sehingga komoditas ini mampu menjadi sumber pendapatan dan kesempatan kerja yang memberikan kontribusi cukup tinggi bagi perkembangan perekonomian daerah” demikian pernyataan Bupati Sumbawa yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pertanian pada panen perdana varietas unggul bawang merah.

Panen perdana bawang biji Maserati dan Tropic oleh  PT. Sumbawang Superior Indonesia (PT. SSI) di Desa Brangkolong Kecamatan Plampang merupakan varietas unggul yang ditanam oleh petani bawang Desa Brangkolong. Panen perdana yang berlangsung pada Senin pagi (27/8) dihadiri Kepala Dinas Pertanian, Sekcam Plampang, Direktur PT. Sumbawang, perwakilan De Groot En Slot Belanda sebagai mitra PT.SSI serta para petani bawang Desa Brangkolong.

Disampaikan Bupati bahwa Pemerintah Pusat memandang Kabupaten Sumbawa, berpotensi menjadi  sentra produksi benih bawang merah di Indonesia Bagian Timur, karena saat ini Kabupaten Sumbawa memiliki areal tanam seluas 3.000 hektar untuk komoditas bawang merah.

Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada PT. SSI yang telah mengenalkan teknik budidaya bawang merah dari biji melalui kegiatan demo kepada masyarakat di Brangkolong, dan berharap dapat meningkatkan kualitas hasil produksi bawang merah di Kabupaten Sumbawa.

Dipilihnya bawang dari biji Maserati dan Tropix karena dianggap lebih menguntungkan bagi petani sebagaimana dinyatakan oleh Mr. Rob Bekker dari De Groot Slot, perusahaan asal Belanda yang menjadi mitra PT. SSI. “bawang dari biji Maserati dan Tropix tidak membawa hama penyakit, sehingga lebih menguntungkan bagi petani sementara penanaman dengan umbi bisa membawa virus” terangnya. Dijelaskan pula karakteristik dari bawang biji Maserati dan Tropix yaitu selain biji tidak membawa virus, juga umbi lebih berakar sehingga cepat menyerap sari makanan dari dalam tanah serta dapat meningkatkan produksi. Selain itu, bawang biji Maserati dan Tropix lebih tahan lama, bahkan dalam jangka waktu penyimpanan satu tahun.

Pada kesempatan itu, PT. SSI juga memberikan kenang-kenangan berupa alat ukur curah hujan kepada Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa, “agar dapat dimanfaatkan bagi para petani bawang di wilayah Kabupaten Sumbawa” harap Mr. Rob Bekker (KH74).

Sumber : Humaskabsbw

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here