Home Berita Mengenal Kejuaraan MXGP yang akan Digelar Di Kabupaten Sumbawa

Mengenal Kejuaraan MXGP yang akan Digelar Di Kabupaten Sumbawa

44
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Sebentar lagi daerah kita Kabupaten Sumbawa akan menjadi tempat perhelatan event bergengsi yang berskala internasional, sejak tahun 2021 sampai pertengahan Maret 2022 ini sudah ada dua event bergengsi berskala internasional yang telah sukses digelar di Provinsi Nusa Tenggara Barat, namun kedua event tersebut digelar dipulau Lombok. untuk event yang ketiga akan digelar dipulau Sumbawa tepatnya di Kabupaten Sumbawa, adapun event tersebut adalah kejuaraan MXGP.

Penasarankan, apa MXGP itu ? karena untuk sebagian orang pasti kejuaraan ini cukup asing ditelinga mereka. untuk menjawab rasa penasaran itu, melalui tulisan singkat ini kami coba mengenalkan kejuaraan ini, seperti apa MXGP itu, bagaimana pelaksanaanya, penilaiannya, seperti apa mesin dan motor yang digunakan dan lain sebagainya. berikut ulasannya yang kami lansir dari website Superlive.id.

Apa itu MXGP

Kejuaran MXGP merupakan salah satu kejuaran balap motor yang sangat bergengsi di dunia disamping balap moto lainya seperti F1 untuk roda empat, WSBK dan MOTOGP untuk roda dua. MXGP merupakan MOTOGPnya motor cross dengan kata lain MXGP merupakan ajang tertinggi atau paling elite dalam balap motor cross, seperti halnya MOTOGP dalam ajang balap motor lintasan sirkuit.

Balapan MXGP dibanding dengan balap motor lainnya, dianggap sebagai balapan motor yang berat dan menguras serta menuntut kekuatan fisik dan keahlian pembalap dalam mengendalikan motornya, hal ini dikarenakan kondisi lintasan dalam balapan motor MXGP merupakan lintasan berlumpur, berpasir, berbatu, dan pegunungan dengan tanjakan dan turunan yang extrem.

Motor dan Kapasitas Mesin MXGP

Mengingat medan dan lintasan balapan MXGP yang sedikit berbeda dengan balapan motor pada umumnya, karena lintasan tidak menggunakan aspal melainkan lintasan yang digunakan merupakan lintas pegunungan, berpasir, tanah lumpur, gundukan dengan tanjakan dan turunan yang extrem maka motor yang digunakan juga merupakan motor yang didisain khusus.

dengan medan yang jelas-jelas berbeda tersebut maka motor yang digunakan didisain dengan torsi besar dan top speed rendah dengan menggunakan ban khusus yang didesain atau yang biasa kita kenal dengan ban tahu ataupun ban pacul, tujuannya agar daya cengkram ban lebih kuat.

Seperti seri MOTOGP, seri MXGP juga dibagi dalam beberapa kelas berbeda. sebelum ada perubahan ajang ini memiliki dua kelas yaitu kelas MX1 dan MX2. namun sejak tahun 2014, FIM memutuskan untuk melakukan perubahan. MX1 diubah menjadi MXGP, sedangkan MX2 bertahan dengan nama yang sama.

Untuk kapasitas mesin sendiri MXGP menggunakan mesin 2 tak 250 cc dan mesin 4 tak 450 cc. sementara untuk MX2 diperuntukan bagi motor dengan kapasitas mesin 2 tak 125cc dan mesin 4 tak 250cc.

Lintasan

Kejuaran MXGP merupakan balapan motor dengan jenis lintasan pegunungan, berpasir, berbatu dengan tanjakan dan turunan serta belokan yang sangat extrem, balapan jenis ini umumnya dimasyarakat dikenal dengan nama balapan motor cross.

Lintasan balapan MXGP pada masing-masing sirkuit yang ada dimasing-masing negara tempat digelarnya kejuaraan memiliki jenis yang berbeda-beda dengan ciri khas masing-masing, seperti lintasan di Belgia dan Belanda terkenal dengan pasirnya yang dalam sementara di francis terkenal dengan tanah liat dan batunya, demikian juga dengan negara-negara lainnya memiliki ciri khas yang berbeda-beda seperti tanjakan yang extrem atau belokan yang extrem atau bisa jadi gabungan keseluruhannya.

Kualifikasi dan Balapan

Jika pada MotoGP setiap serinya telah ditentukan jumlah lapnya dengan satu kali balapan, berbeda dengan MXGP pada setiap serinya terdiri dari dua balapan dengan memakan waktu selama 30 menit ditambah 2 laps.

Untuk balapannya sendiri umumnya digelar pada hari Minggu, sementara sesi latihan dan kualifikasi digelar sehari sebelumnya.

Jika pada balapan MotoGP ataupun F1 hasil kualifikasi untuk menentukan posisi star dengan posisi hasil terbaik di star terdepan seterusnya sampai posisi star paling belakang, berbeda dengan Balapan MXGP menempatkan seluruh rider pada garis start sejajar. Pembalap yang mendapat hasil terbaik di kualifikasi berhak memilih di sisi (gate) mana ia akan memulai balapan.

Pembalap posisi kedua terbaik kualifikasi berada di sampingnya, pembalap tercepat ketiga ditempatkan di samping posisi dua. Begitu seterusnya sampai pembalap dengan catatan waktu terendah menempati sisi start yang berbeda dari pemilik pole position.

Nah, itulah sekilas mengenai ajang balap MXGP yang merupakan ajang balap motor cross kasta tertinggi yang akan digelar di Kabupaten Sumbawa pada bulan Juni tahun 2022, jika masih penasaran maka dapat datang menyaksikan untuk melihat langsung balapannya sehingga rasa penasarannya menemui jawaban.

Sepatutnyalah kita sebagai masyarakat Sumbawa berbangga dipercaya oleh dunia internasional untuk menggelar eveng yang sangat bergengsi ini, maka tidak ada pilihan lain selain kita ikut serta mendukung terlaksananya kegiatan ini sehingga nama Indonesia, Prov. NTB dan khususnya Kabupaten Sumbawa harum dan dikenal didunia. (SR74)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here