Home Berita BUPATI H. MO TINJAU PENGOPERASIAN GENERATOR OKSIGEN RSUD SUMBAWA

BUPATI H. MO TINJAU PENGOPERASIAN GENERATOR OKSIGEN RSUD SUMBAWA

10
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Generator oksigen adalah alat atau mesin yang dapat menghasilkan oksigen O2 dengan tingkat kemurnian yang diinginkan dimana cara kerjanya adalah dengan menyaring oksigen dari udara disekitarnya memisahkan antara oksigen dan nitrogen dari udara.

Oksigen dalam tabung akhir-akhir ini terutama dimasa-masa pandemi covid 19 seperti saat ini paling dibutuhkan dan dicari karena sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pasien covid 19 dengan status gejala berat membutuhkan ventilator atau alat bantu pernapasan yang mensuplay oksigen ke tubuh mereka. sehingga dititik inilah ketika pasien covid 19 dengan status gejala berat semakin meningkat oksigen menjadi hal yang sangat dibutuhkan dan dicari, sialnya dalam keadaan seperti sekarang ini rumah sakit-rumah sakit kita tidak memiliki cukup stok oksigen yang dapat dimanfaatkan.

Dalam kondisi tersebut maka memproduksi oksigen secara mandiri dengan kapasitas yang lebih besar oleh rumah sakit-rumah sakit menjadi hal yang penting dan sangat mendesak untuk segera dilakukan,sehingga tidak lagi mengandalkan metode lama dengan mengirimkan tabung gas-tabung gas yang secara jumlah tentunya sangat terbatas.

Rumah sakit memiliki mesin penghasil oksigen sendiri pada saat ini adalah hal yang harus segera dilakukan, utamanya tentunya rumah sakit yang dimiliki oleh pemerintah.

______________________________________________________________________________________________________________________________

Belajar dari pengalaman pada awal-awal pandemi, ketika pasien civid 19 mencapai puncaknya dan terjadi kelangkaan stok oksigen di rumah sakit-rumah sakit maka Pemerintah Kabupaten Sumbawa berinisiatif mengadakan mesin generator oksigen sendiri, agar kedepannya jika terjadi lagi lonjakan covid 19 tidak lagi terjadi kelangkaan oksigen.

Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah didampingi Sekretaris Daerah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kadis Dikes, Direktur RSUD dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Sumbawa meninjau pengoperasian generator oksigen (mesin produksi oksigen) di RSUD Sering, Senin (27/9).

Pengadaan generator oksigen ini merupakan hasil Kerjasama Operasional (KSO) pihak RSUD Sumbawa dengan PT. Indonusa Sahabat Mandiri, yang merupakan ekslusif distributor produk Novair Prancis untuk wilayah Indonesia.Bupati sangat mengapresiasi pengadaan generator oksigen ini dan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan oksigen di seluruh wilayah Kabupaten Sumbawa, termasuk Puskesmas di Kecamatan. Kapasitas produksi generator ini relatif besar mencapai 120 tabung per hari untuk tabung berukuran 6 meter kubik.

Menurut Niksan Purba, Direktur PT. Indonusa Sahabat Mandiri, selama 8 tahun KSO antara PT. Indonusa dengan RSUD Sumbawa, biaya service maintenance ditanggung oleh PT. Indonusa, dan setelah KSO berakhir, peralatan akan dihibahkan menjadi aset daerah. Disampaikan Niksan bahwa purety output atau tingkat kemurnian oksigen yang dihasilkan generator oksigen merk Novair mencapai 99,5% dan merupakan yang terbaik di Indonesia.

Hal ini menjamin pada saat oksigen digunakan untuk peralatan medis jenis apapun, transfernya tidak akan menimbulkan masalah. Bahkan oksigen yang dihasilkan juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan industri kecil non medis, termasuk bisa mengcover kebutuhan oksigen di daerah-daerah lainnya di wilayah NTB, karena generator oksigen di RSUD Sumbawa ini merupakan yang pertama di Provinsi NTB. (KH74)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here