Home Budaya Badede Anak

Badede Anak

100
0
SHARE
Samawa Rea, Rumah Informasi Samawa.com – Badede adalah menembangkan Lawas yang ditujukan untuk Anak menjelang tidur atau saat pangantin sedang Barodak ‘luluran’. Lawas yang biasa dinyanyikan oleh seorang ibu atau kakak yang sedang menina-bobokan atau mengasuh bayi disebut (Badede Anak). Lawas yang dilantunkan pada saat Badede Anak bertemakan permohonan kepada Tuhan Yang Mahaesa agar Anak yang diasuh dapat panjang umur, berguna bagi orang tua, masyarakat, nusa dan bangsa serta agama. Badede Anak disebut juga Lawas Kembang-Kembong.
Badede (menina bobokan anak-anak) ini biasa dilakukan oleh seorang ibu terhadap anaknya atau seorang kakak terhadap adiknya. Badede ini (Menembangkan lawas) dilaksanakan dengan tujuan menidurkan sang anak. Kalau anak sudah tertidur maka dengan sendirinya lawas badede ini usai.
Lawas yang digunakan pada saat Badede Anak tidak sama, tergantung pada umur dan pada tempat dimana Anak ditidurkan. Perbedaan itu terlihat pada irama dan kata-kata dari Lawas yang digunakan.  
 
Sumber : Disporabudpar Kab. Sumbawa 2013
SHARE
Previous articleBadede Adat
Next articleBarapan Kebo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here