Home Berita Ayo Persiapkan Agenda Untuk Festival Moyo – Tambora 2018

Ayo Persiapkan Agenda Untuk Festival Moyo – Tambora 2018

74
0
SHARE

Sumbawa Besar, RumahInformasiSamawa.com – Hai sobat. Ayo ramai-ramai bikin agenda wisata. Kita sama-sama nikmati destinasi cantik di Festival Moyo – Tambora 2018. Yang belum tau, festival ini dipusatkan di Pulau Sumbawa tepatnya di dua Kabupaten yaitu Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Yang pasti tidak akan rugi, karena segudang kemeriahan telah disiapkan. Aneka seni budaya, kuliner, sampai sport tourism, siap menyambut seluruh wisatawan yang datang.

Tentunya yang tidak boleh dilewatkan destinasi utama Pulau Moyo. Keindahan pulau di sebelah barat Gunung Tambora ini, sudah diakui tokoh-tokoh terkenal dunia.

Beberapa tokoh-tokoh dunia pernah mengunjungi dan menginap di pulau satu ini diantaranya mendiang Putri Diana, pesepakbola Belanda Edwin van Der Sar, petenis cantik Rusia Maria Sharapova, hingga musisi rock legendaries Amerika, David Bowie.

Pulau Moyo dikelilingi sejumlah pantai eksotis berpasir putih. Seperti Pantai Ai Manis, Pantai Tanjung Pasir, Takat Sagele, Pantai Poto Jarum, sampai Pantai Brang Sedo.

Laut disekitar pulau ini juga sangat cantik, termasuk di dasar laut.

“Pulau Moyo bukan hanya pantainya yang indah. Pulau ini pun memiliki air terjun yang rupawan. Ada Air Terjun Diwu Embai dan Air Terjun Mata Jitu atau Queen Waterfall.

Nah Air Terjun Mata Jitu ini juga sempat dikunjungi Lady Diana.

Belum lagi kalau kita ngomong tentang pesona bawah lautnya yang begitu menawan, tentunya bisa menjadi pengalaman yang tidak akan anda lupakan, pesona bawah laut yang masi murni dan belum terkontaminasi oleh apapun ini menjadi hiburan tersendiri dan akan memberikan pengalaman yang akan membuat anda rindu untuk kembali lagi.

Ada lagi Pulau Nisa Pudu. Pulau kecil nan cantik ini terletak di Teluk Saleh yang tenang. Atau berada di sebelah tenggara Gunung Tambora. Pulau Nisa Pudu bisa dikelilingi hanya dengan berjalan kaki.  

                                                                               Pulau Nisa Pudu memiliki banyak pantai kecil dan mempesona, bersih, dan natural. Lengkap dengan air laut berwarna biru yang jernih. Tak hanya itu, pulau ini pun memiliki padang savana hijau yang menawan seperti Pulau Kenawa di Sumbawa Barat.

Dan yang tentunya diboleh dilewatkan oleh para wisatawan adalah keunikan yang dimiliki Pulau Satonda, adanya sebuah fenomena langka, yaitu adanya danau air asin di tengah pulau. Padahal tidak tersambung langsung dengan laut, tentu pengalaman ini tak akan anda dapatkan ditempat lainnya, maka bagaimana beruntungnya jika anda dapat menyempatkan waktu untuk mengunjungi serta menikmati fenoma alam ini.

  Pulau Satonda memang unik dengan danau air asinnya. Keunikan itulah yang membuat pulau tersebut ditetapkan sebagai Taman Wisata laut pada tahun 1999.

Banyak ilmuan Eropa yang meneliti keunikan Pulau Satonda. Stephan Kempe dan Josef Kazmierczak misalnya. Bahkan keduanya meneliti danau Satonda sampai tiga kali. Yaitu pada tahun 1984,1989, dan 1996.

Konon, danau ini terbentuk dari kawah letusan gunung berapi dasar laut ribuan tahun lalu. Kemudian, air laut yang terbawa oleh tsunami dari erupsi Tambora terjebak di sana. Dan terbentuklah sebuah danau air asin.

Pulau atau gunung Satonda sendiri diperkirakan berusia lebih tua dari Gunung Tambora. Para peneliti meyakini kalau gunung ini terbentuk sebagai bagian dari gunung-gunung parasit yang ada di sekitar Gunung Tambora.

“Ini tentu luar biasa, bahkan air yang terdapat di danau tersebut memiliki tingkat kebasaan yang lebih tinggi dibanding air laut pada umumnya. Ini kelebihan lain yang menjadi potensi pariwisata di Pulau Sumbawa khususnya di Kabupaten Sumbawa.(KH74)

Sumber : dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here