Home Pelayanan Publik WAJIB PAJAK BUKAN LAWAN ATAU SUBYEK TETAPI MITRA PEMBANGUNAN

WAJIB PAJAK BUKAN LAWAN ATAU SUBYEK TETAPI MITRA PEMBANGUNAN

28
0
SHARE

Sumbawa Besar, RumahInformasiSamawa.com – Perlu kita sadari bahwa pajak dinegara kita masih menjadi tulang punggung pembiayaan pembangunan dan seluruh roda kehidupan berbangsa dan bernegara, wajib pajak tidak bisa lagi kita sepelekan, apalagi zaman telah banyak berubah dan kita pun harus melakukan banyak perubahan yang positif termasuk dalam bersikap dan berhubungan dengan para Wajib Pajak. Wajib Pajak bukanlah lawan dan subjek yang semata-mata dianggap wajib membayar pajak berdasarkan undang-undang, tapi harus kita perlakukan sebagai mitra yang nantinya akan secara sukarela membantu negara,

Pentingnya kedudukan para wajib pajak saat ini, mendorong pemerintah khususnya Dirjend Pajak memberikan perhatian dan pendekatan khusus sehingga para wajib pajak ini secara sukarela melakukan kewajibannya. Sosialisasi, penagihan sampai pemberian penghargaan bagi wajib pajak yang dinilai aktif terus dilakukan sebagaimana pada Kamis pagi, 12 Maret 2020 bertempat di Aula KPP Pratama Sumbawa Besar digelar kegiatan pemberian Apresiasi Wajib Pajak Berkontribusi Signifikan Tahun 2019.

Acara yang berlangsung sederhana namun penuh makna tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, bersama Bupati Sumbawa Barat, Ketua DPRD Kab. Sumbawa dan Sumbawa Barat beserta Forkopimda Kab. Sumbawa dan Sumbawa Barat.

H. Mo Wabup Sumbawa terima penghargaan

H. Mo biasa  Wabup Sumbawa ini disapa,  menyambut baik serta memberikan dukungan kepada KPP Pratama Sumbawa Besar, atas terselenggaranya kegiatan tersebut, mengingat vitalnya peran pajak dalam pembangunan negara dan daerah.

H. Mo berharap, kegiatan apresiasi tersebut membawa manfaat yang lebih besar, utamanya bagi peningkatan kesadaran pembayaran pajak, yang nantinya juga diharapkan mampu memberikan kontribusi pada pendapatan negara, dan berdampak pada peningkatan pembangunan di berbagai bidang.

Atas nama Pemerintah Daerah dan segenap masyarakat tana’ Samawa, memberikan apresiasi kepada para wajib pajak yang telah memenuhi kewajiban perpajakannya dengan baik, karena dengan kontribusi pajaknya jugalah, Sumbawa dapat terus membangun“, ujar Wabup diakhir sambutannya.

Apresiasi juga disampaikan oleh Kepala Kanwil DJP Nusa Tenggara, Belis Siswanto, SE,Ak., MA., kepada para wajib pajak Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat yang telah melaksanakan kewajiban pembayaran pajaknya dengan baik.

Acara dirangkaikan dengan penyerahan penghargaan atas apresiasi dukungan pajak para stakeholder, yang diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil DJP Nusa Tenggara.

Bagi DJP, walaupun terkesan sederhana, pemberian penghargaan ini sangat penting untuk meningkatkan kepatuhan Wajib Pajak dan memacu para Wajib Pajak lain untuk mendapatkan penghargaan serupa tahun depan. Pemberian apresiasi kepada para Wajib Pajak akan membuat mereka lebih mudah patuh secara sukarela, baik secara formil maupun materiil.

Para public figure penerima penghargaan akan menjadi panutan bagi para Wajib Pajak lain untuk ikut patuh terhadap kewajiban perpajakan karena pembayaran pajak merupakan kontribusi nyata untuk Indonesia. Acara ini dapat dikatakan juga sebagai kampanye untuk mengajak para Wajib Pajak lain untuk dapat melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan baik.

Apresiasi dan penghargaan ini juga penting agar para Wajib Pajak responsif dalam berkoordinasi dengan para pegawai pajak di KPP, misalnya dalam merespons imbauan yang dikirimkan, cepat dalam memberikan data yang diperlukan, aktif membantu menyebarkan pemahaman perpajakan yang benar di lingkungannya, sampai dukungan terhadap program integrasi dan pertukaran Wajib Pajak. (KH74)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here