Home Berita Tidak Hanya Tingkatkan Kwantitas dan Kwalitas Produksi, Bupati Juga Ajak UD. Fajar...

Tidak Hanya Tingkatkan Kwantitas dan Kwalitas Produksi, Bupati Juga Ajak UD. Fajar Samudra Jaga Harga Gabah Petani

9
0
SHARE

Sumbawa Besar, RumahInformasiSamawa.com – Penggilingan gabah menjadi beras merupakan salah satu rangkaian utama penanganan pascapanen. Teknologi penggilingan sangat menentukan kwantitas dan
kualitas beras yang dihasilkan. Penggilingan padi memiliki peran yang sangat penting dalam sistem agribisnis beras. Penggilingan padi merupakan pusat pertemuan antara produksi, pascapanen, pengolahan dan pemasaran gabah/beras sehingga merupakan mata rantai penting dalam suplai beras.

Namun demikian harus diakui bahwa penggilingan padi yang ada sampai saat ini di wilayah Sumbawa termasuk penggilingan padi yang sederhana sehingga tidak mampu menghasilkan padi dengan kwalitas baik, ditambah lagi penggilingan yang ada membuat beban operasional tinggi sehingga kwalitas padi rendah dan harga jual tinggi akibatnya kalah bersaing dengan padi import yang memiliki kwalitas bagus dengan harga yang lebih murah.

Bupati Sumbawa H.Mo bersama Anngota Forkopinda di RMUM UD. Fajar Samudra

Permasalhan ini oleh UD. Fajar Samudra dilihat sebagai tantangan sekaligus peluang sehingga pemilik melakukan peningkatan kapasitas produksi dan kwalitas beras yang dihasilkan menjadi beras premium dengan membangun Instalasi Mesin Pengolahan Beras “Rice Milling Unit Modern (RMUM)” yang peresmiannya ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Sumbawa Drs.H. Mahmud Abdullah pada Rabu, 9 Juni 2021 disaksikan oleh seluruh Anggota Forkopinda Kabupaten Sumbawa.

H. Mo Bupati Sumbawa beri sambutan pada peresmian RMUM UD Fajar Samudra

H. Mo akrab Bupati disapa, mengapresiasi langkah yang diambil oleh UD. Fajar Samudra yang berusaha meningkatkan kapasitas mesin produksinya serta meningkatkan kwalitas produksi berasnya. “Tentunya Jika melihat sekarang ini, apabila kita tidak bisa menangkap peluang perkembangan zaman ini kita akan tetap ketinggalan. Karena semua perusahaan yang ada juga sedang berlomba-lomba untuk meningkatkan kualitasnya. Sehingga bagaimana arah kita untuk meningkatkan kualitas” Ujarnya

diresmikannya Rice Milling Unit Modern ini diharapkan tidak hanya meningkatkan kwantitas dan kwalitas beras yang dihasilkan tetapi juga diharapkan dapat menjaga harga gabah ditinfgkat petani sehingga dapat mengangkat kesejahteraan para petani di desa,

Bupati Sumbawa tanda tangani prasati peresmian Rice Milling Unit Modern UD. Fajar Samudrra

Hal ini sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Bupati “Kita berharap ada upaya-upaya teman-teman juga untuk mambantu pertanian di sana. Paling tidak bagaimana agar petani dapat mempertahankan kualitas gabahnya nanti. Sebab tidak mungkin kita menekan beras yang baik tanpa kualitas gabah yang baik.”

Diakhir sambutannya, H. Mo’ mengajak seluruh stakeholder terkait untuk bersama-sama membangun Kabupaten Sumbawa, sehinggga terwujudnya Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban. (KH74)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here