Home Kesehatan SENTALO (GODONG PKI) ...

SENTALO (GODONG PKI) (Kearifan Lokal)

68
0
SHARE

Sebagian besar orang, termasuk anda mungkin sangat familiar dengan tumbuhan yang satu ini . Populer disebut Balakacida, ada yang menyebutnya Babadotan. Di Sumbawa, dinamakan Sentalo atau Godong PKI. Aneh, tapi ternyata ada sebab-musababnya, kenapa dinamakan demikian. Nanti saya ceritakan di bagian akhir.

Tanaman ini memiliki nama ilmiah Chromolaena odorata. Sebenarnya termasuk salah satu jenis gulma atau pengganggu yang berasal dari family Asteraceae.

Pertumbuhannya sangat cepat terutama apabila mendapat asupan sinar matahari yang cukup dan dapat merusak tanaman budidaya, sehingga Balakacida dimusuhi para petani.

Ternyata Balakacida memiliki segudang manfaat, dapat dijadikan sebagai pupuk organik, biopestisida, dan obat tradisional. Karena daun balakacida memiliki banyak sekali kandungan zat dan nutrisi yaitu Fenol, Alkaloid, Triteperoid, Tannin, Flavonoid dan Limonen.Sudah banyak penelitian dan kajian ilmiah tentang tanaman ini.

Sebagai obat herbal tradisional, sudah banyak digunakan sejak dulu. Karena sangat efektif untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.Berikut manfaatnya :- Obat Kista- Mencegah Kanker Serviks untuk mencegahnya anda bisa meminum teh balakacida.- Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita bisa meminum air rebusan daunnya.- Mencegah Diabetes- Obat Vertigo Minum air rebusan daunnya saat vertigo anda kambuh.- Obat Maag dipercaya daunnya dapat mengobati maag jika dikonsumsi secara berkala.- Menjaga Kesehatan Jantung- Menurunkan Kadar Kolesterol- Obat Asam Urat- Menurunkan Tekanan Darah- Menjaga Kesehatan Lambung- Obat Sakit Kepala daunnya juga dapat mengobati berbagai macam sakit kepala seperti migrain dan pusing.- Mencegah Kanker Payudara- Melancarkan Peredaran Darah- Menurunkan Berat BadanUntuk anda yang sedang diet ataupun ingin memiliki berat badan ideal, anda bisa mengkonsumsi daunnya- Obat Luka Manfaat ini sudah banyak diketahui, tumbuk daun dan tempelkan di bagian tubuh yang luka.- Obat Jerawa tSama dengan cara mengobati luka, tinggal tumbuk daunnya dan tempelkan pada jerawat.Untuk penyakit dalam,rebus daun secukupnya dengan takaran 2 hingga 3 gelas air. Dan sisakan rebusan air tersebut menjadi 1 gelas, minum dua kali sehari saat bangun tidur dan sebelum tidur.

Seperti janji saya tadi, tentang kenapa di Sumbawa dinamakan Godong PKI ? Menurut beberapa orang tua, katanya karena tumbuhan ini pertama kali dikenal oleh orang Sumbawa saat terjadinya peristiwa G.30 S/PKI tahun 1965. Sumber lain mengatakan karena perkembangbiakan tanaman ini sangat cepat dan massive persis seperti PKI.

Masshuk akal 😎

Wahyuddin Samawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here