Home Foto Desa Sejarah di SMK dihapus, di SMA bukan lagi Mapel Wajib “Jika Ini...

Sejarah di SMK dihapus, di SMA bukan lagi Mapel Wajib “Jika Ini Benar”

26
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Bukankah Indonesia adalah Anugerah terbesar ? bagi bangsa yg hidup di jejeran ribuan pulau.

Nusantara, yg membentang sejauh 512 Km dari Sabang sampai Merauke, Butuh 12 jam perjalanan dengan pesawat untuk menempuhnya. Memiliki luas daratan 104.000 Km dan luas lautan 3 kali lipatnya, 1,340 suku bangsa, 2.500 bahasa daerah, terbagi dalam 19 wilayah budaya dan 34 propinsi dengan 6 agama berbeda yg dianut masyarakatnya. Kekayaan hayati yg melimpah dengan 8.000 species tumbuhan dan 2.215 species hewan yg teridentifikasi.

Perjalanan Sejarah dengan bentang waktu yg sangat panjang, sejak 1,7 juta tahun yg lalu saat hidupnya manusia Jawa, hingga menjadi bangsa yg satu dan diakui 17 Agustus 1945. Tidak ada bangsa di dunia ini yg memiliki keberagaman seperti kita, perbedaan itu justru menjadi kekayaan dan kekuatan.

Kita digembleng dengan berbagai gejolak Sejarah yg semakin mendewasakan kita, merah putih tetap kukuh berkibar. Semua itu karena kita belajar dari Sejarah, Sehingga dengan bangga kita menunjuk dada “aku Indonesia !”

Kalau generasi muda tidak diajarkan sejarah, maka kita akan menjadi saksi lahirnya generasi yg gamang dan buta tidak punya kebanggaan identitas sebagai sebuah bangsa. Generasi yg saling berkelahi karena perbedaan.

(Keresahan guru Sejarah terhadap wacana penyederhanaan Kurikulum 2013)

Wahyuddin samawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here