Home Inovasi Desa Percepatan Pengembangan Kawasan Samota 2020 – 2024

Percepatan Pengembangan Kawasan Samota 2020 – 2024

33
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Kalau bicara Provinsi Nusa Tenggara Barat, orang akan langsung teringat pada pulau Lombok, padahal NTB itu tidak hanya pulau Lombok, disana masih ada satu pulau lagi yaitu pulau Sumbawa. pengembangan Kawasan baru yang diberi nama Samota yang merupakan akronim dari Kawasan Teluk Saleh, Pulau Moyo dan Gunung Tambora merupakan upaya Pemerintah untuk menyetarakan antara pulau Lombok dan Pulau Sumbawa.

Penetapan kawasan Samota sebagai cagar biosfer dunia oleh UNISCO beberapa waktu yang lalu di yakini akan mampu menarik perhatian masyarakat dunia bahwa kedepan untuk menikmati alam tidak hanya ke pulau lombok tapi juga harus ke Pulau Sumbawa,

Besarnya potensi yang dimiliki oleh kawasan samota ini mendorong pemerintah baik Provinsi maupun pemerintah Kabupaten Sumbawa untuk melakukan terobosan-terobosan dalam rangka pengembangan kawasan tersebut hingga lebih menarik lagi.

Salah satu upaya yang sudah dilakukan adalah pembentukan Tim Percepatan Pengembangan Kawasan Samota yang diketuai oleh Ir. H. Badrul Munir atau yang akrab disapa H. Bam yang merupakan mantan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat.

Menurut H. Bam, Samota memiliki potensi yang sangat besar dan jarang terdapat ditempat lain seperti pariwisata, perikanan, pertanian, peternakan, biota laut dalam satu kawasan apalagi ditambah dengan Gunung Tambora yang memikliki nilai sejarah, sehingga kelasnya pun berada ditingkat nasional bahkan internasional. dalam pengembangannya lanjut H. Bam tim percepatan akan terus berkoordinasi dengan kementrian terkait dan juga diharapkan kepada OPD terkait didaerah untuk menurunkan programnya pada kawasan pelatihan ini. (KH74)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here