Home Berita Pemkab Sumbawa Launching Ekowisata Bahari Prajak

Pemkab Sumbawa Launching Ekowisata Bahari Prajak

37
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Tren desa wisata terus berkembang, hal ini didorong oleh adanya perubahan konsep berwisata ditengah-tengan masyarakat. saat ini pariwisata trennya bergeser kepada pariwisata alternatif yang konsepnya lebih pada pendekatan masyarakat dan kearifan lokal yang ada disuatu wilayah, tren wisata model ini tak akan ditemukan pada wisata konvensional yang hanya mengandalkan pada keindahan alam saja.

Tren wisata ini memiliki kemiripan dan kesesuaian dengan yang lagi gencar-gencarnya di sosialisasikan oleh pemerintah khususnya kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif yaitu yang namanya desa wisata. hal ini didorong oleh potensi yang besar yang dimiliki oleh setiap desa yang ada di Indonesia ini yang memiliki keragaman budaya dan adat istiadatnya.

Desa wisata sebagai sebuah konsep berwisata memiliki berbagai keunggulan diantaranya wisatawan diajak untuk menikmati berbagai potensi lokal yang dimiliki setiap desa, selain itu dalam wisata desa juga wisatawan mendapatkan pengalaman tersendiri dapat berinteraksi dengan masyarakat lokal.

Konsep dan model wisata seperti ini kembali kepada kearifan lokal sangat cocok jika diterapkan dan dikembangkan diwilayah Kabupaten Sumbawa yang masyarakatnya memiliki kekayaan kultur yang beraneka ragam.

Foto bersama setelah launching Ekobahari prajak

Potensi ini yang kini mulai dilirik dan dikembangkan oleh pemerintah Kabupaten Sumbawa, dimana Mewakili Bupati Sumbawa, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Hasan Basri, MM., melaunching Ekowisata Bahari Prajak pada Rabu pagi, (23/6) di Dusun Prajak, Desa Batu Bangka Kecamatan Moyo Hilir.

Launching yang ditandai dengan pengguntingan pita ini dihadiri Anggota Komisi IV DPR RI, Wakil Ketua DPRD Kab. Sumbawa, Kadis Kelautan dan Perikanan, Perwakilan Wildlife Conservation Society Indonesia, Camat Moyo Hilir serta Anggota Forkopimca.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan bahwa eksistensi daerah wisata muncul dan berkembang berdasarkan kegiatan turun temurun yang menjadi unggulan di wilayah tersebut. Menurutnya, potensi wisata tersebut bisa menjadi andalan untuk mengangkat taraf hidup masyarakat. Untuk itu, agar sebuah wilayah dapat menjadi lokasi wisata yang memadai, maka paradigma pariwisata yang harus dikembangkan adalah milik rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. “Karenanya, dukungan dan partisipasi kolektif masyarakat di sekitar wilayah tersebut sangat diperlukan.” ujarnya

Diakhir sambutannya, ia berharap agar masyarakat mampu menjadi tuan rumah yang baik bagi wisatawan dengan mengembangkan adat dan prilaku masyarakat sebagai komunitas sadar wisata.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPR RI, H. Johan Rosihan, ST., dalam arahannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya launching ekowisata bahari ini. Dikesempatan itu, ia berharap agar masyarakat dan pemerintah Desa Batu Bangka tidak hanya menyiapkan destinasi wisata alam saja, tetapi perlu juga menyuguhkan wisata kuliner serta atraksi budaya.“Mari kita bekerjasama dan bergotong royong, agar apa yang dilaunching pada hari ini menjadi awal dari perhatian kita, sehingga mimpi besar kita menjadikan Prajak ini sebagai desa wisata bahari dapat kita wujudkan dan menjadi salah satu destinasi kebanggaan bagi Kabupaten Sumbawa,” ajaknya (KH74)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here