Home Berita Pemkab Sumbawa Bersama KEMKOMINFO RI Tanda Tangani MOU Program Gerakan Menuju 100...

Pemkab Sumbawa Bersama KEMKOMINFO RI Tanda Tangani MOU Program Gerakan Menuju 100 Smart City

41
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – “Tepatnya tanggal 8 Mei 2018, Pemerintah Kabupaten Sumbawa bersama Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (KEMKOMINFO) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) program Gerakan Menuju 100 smart city, yang mana Kabupaten Sumbawa merupakan salah satu dari 50 Kabupaten/Kota yang terpilih melalui proses seleksi assessment tahun 2018, sebagai daerah yang akan memiliki master plan pembangunan smart city”. Hal tersebut disampaikan Bupati Sumbawa dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Drs. H. Rasyadi, pada acara Pembukaan Bimbingan Teknis Tahap IV Gerakan Menuju 100 Smart City di Kabupaten Sumbawa, pada Rabu pagi (07/11) di Aula Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa.

Disampaikannya, kegiatan Bimtek Gerakan 100 Smart City yang dilaksanakan kemarin merupakan tindak lanjut dari nota kesepahaman antara pemerintah Kabupaten Sumbawa dengan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika KEMKOMINFO. Kegiatan bimtek ini merupakan Bimtek ke-IV atau bimtek tahap terakhir yang nantinya akan dirangkaikan dengan penandatanganan komitmen bersama penerapan smart city di Kabupaten Sumbawa. Sasaran kegiatan bimtek ini adalah untuk tersusunnya  dokumen panduan penyusunan master plan smart city yang komprehensif dan aplikatif. selain itu, dapat tersusun dokumen master plan implementasi smart city jangka pendek (1 tahun), jangka menengah (5 tahun) dan jangka panjang (10 tahun) di Kabupaten Sumbawa.

Dilanjutkannya, terdapat beberapa komponen yang diprioritaskan dalam implementasi smart city, yaitu smart living, smart people, smart mobility, smart government, smart economy, dan smart environment. Dari beberapa komponen tersebut, tujuan diterapkannya smart city, yaitu untuk mendorong penggunaan teknologi dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih efektif, transparan dan terpercaya, untuk meningkatkan layanan publik dan memberikan perhatian pada pemberdayaan masyarakat, untuk berinovasi sebagai aktor utama pembangunan, serta membangun pola pikir, sikap dan karakter masyarakat yang lebih baik. “kami menghimbau kepada peserta agar dapat memanfaatkan kegiatan bimtek ini untuk mengemukakan ide, gagasan, bertukar pikiran dan pengetahuan, demi mewujudkan Kabupaten Sumbawa yang cerdas, Sumbawa yang hebat dan bermartabat,” ujarnya.

Bupati berharap dengan adanya implementasi smart city di Kabupaten Sumbawa, dapat meningkatkan pelayanan terbaik pemerintah kepada masyarakat berupa kecepatan, keterbukaan, kenyamanan dan kepuasan masyarakat dalam memperoleh pelayanan publik.

Sebelumnya dalam laporannya Kepala Dinas Kominfotik Kab. Sumbawa Ir. H. Ibrahim, M.Si. menyampaikan selamat datang kepada Prof. Dr. Ir Basuki Wahyudi Isworo, yang telah menyiapkan waktu dan kesempatan untuk membimbing kegiatan Bimtek Smart City. Kegiatan tersebut nantinya diawali dengan pemaparan hasil Bimtek I, II, dan III yang dibimbing langsung oleh Dr. Dana Indra sensuse P. hd sejak Bulan Juli lalu. Kemudian kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemaparan dan fakta integritas komitmen oleh masing-masing Organisasi Perangkat daerah (OPD). Sehingga penyampaian kerja dinas akan cepat tercapai sesuai dengan yang tertuang dalam Bimtek Smart City.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekda Kab. Sumbawa, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Sumbawa, OPD Kab. Sumbawa, Forkopimda Kab. Sumbawa, serta peserta bimtek smart city. (KH74)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here