Home Berita Kejar Target 4 Juta Wisatawan, Pemprov NTB Gelar Tiga Event Besar

Kejar Target 4 Juta Wisatawan, Pemprov NTB Gelar Tiga Event Besar

39
0
SHARE

Sumbawa Besar, RumahInformasiSamawa.comTarget 4 juta wisatawan mengunjungi Nusa Tenggara Barat (NTB) sepertinya akan bisa terwujud, hal ini didorong dengan akan digelarnya tiga event besar pada Agustus hingga September 2018. Ketiga event tersebut adalah Sail Indonesia Moyo Tambora, Bulan Pesona Lombok-Sumbawa 2018, dan Festival Pesona Moyo.

Bulan Pesona Lombok-Sumbawa 2018 akan berlangsung pada 18 Agustus hingga 16 September 2018. Sedangkan Sail Indonesia Moyo Tambora 2018 akan digelar di Pulau Sumbawa pada 9-23 September 2018. Kedua event besar ini merupakan dua dari empat event di NTB yang masuk dalam kalender pariwisata nasional 100 Wonderful Event 2018.

Harapan kami semakin  banyak wisatawan datang ke Lombok dan Sumbawa baik wisman dan wisnus, semakin banyak yang datang harapan kami meningkatkan pendapatan warga setempat. Karena wisatawan pasti makan, minum, dan menginap,” tutur Deputi Bidang pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata Dadang Rizki Ratman dalam peluncuran Sail Indonesia Moyo Tambora, Bulan Pesona Lombok-Sumbawa, dan Festival Pesona Moyo di Balai Kartini, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu, 15 Juli 2018.

Pada kesempatan tersebut, Dadang Rizki Ratman mengapresiasi NTB yang selalu konsistem mempromosikan event untuk menarik wisatawan. Ia mewakili Menteri Pariwisata Arief Yahya berharap event ini menjadi magnet bagi wisatawan untuk datang ke NTB.

Sail Indonesia Moyo Tambora 2018 diharapkan dapat mengangkat nama Pulau Moyo yang sudah menjadi destinasi favorit para selebriti dunia, termasuk mendiang Putri Diana, David Bowie, hingga petenis Maria Sharapova” tegas Dadang.

Sementara itu, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata NTB, Lalu Moh Faizal dikesempatan yang sama juga mengatakan bahwa Sail Indonesia Moyo Tambora digelar untuk mempromosikan potensi wisata bahari NTB ke kancah internasional. Terlebih NTB memiliki beberapa destinasi alam yang sangat potensial seperti Pulau Satonda, Pulau Moyo, dan Tambora.

Faizal menambahkan, event Sail Moyo Tambora 2018 akan dimeriahkan dengan serangkaian acara, di antaranya adalah Tambora Vulcano Tour, International Yacht Rally, Culture Performance Moyo Tambora, City Parade, Expo Maritim, Moyo Tambora Fun Run, International Culinary Program, Dialog Budaya Maritim, Investment Forum, Seminar Internasional Asia Pasifik Geopark Netwrok, dan Barapan Kebo serta Pacuan Kuda.

Kami sudah bertekad ini adalah sail terbaik di Indonesia yang kita coba desain bersama, karena dipadukan dengan event. Ada festivalnya dan yang menjadi beda, Sumbawa itu luar biasa dan konektivitas cepat,” ujar Faozal saat ditemui usai acara.

Saat ini, peserta yang sudah tercatat mengikuti Sail Moyo Tambora 2018 telah mencapai 140 yachter dari 38 negara. Mereka akan berada di Labuan Bajo dari tanggal 4-7 September 2018. Kemudian mereka akan berlayar menuju Sumbawa pada 7 September dan mulai mengikuti kegiatan pada 9 September 2018” jelas Faizol.

Ditempat yang sama, Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Agus purwoto mengaku optimis dengan event besar yang akan digelar di NTB tersebut. Ia mengatakan saat ini NTB menjadi salah satu jalur yang dilalui oleh para yachter yang mengikuti kegiatan sail di daerah lain seperti Sail Sabang dan Sail Banda. Karena itu, Sumbawa dirasa sangat tepat menjadi tuan rumah untuk Sail Indonesia.

Nah kita punya potensi di sini. Tambora ini pernah menjadi catatan dunia. Karena ketika Gunung Tambora meletus saat itu merubah satu iklim di Eropa. Dan tiba-tiba di sana musim dingin yang berkepanjangan. Dan itu menjadi catatn bahwa iklim di kita dengan adanya Ring of Fire harus diperhitungkan,” ungkap Agus.

Ia menambahkan, kehadiran 5300 personal Angkatan Laut dari negara asing di NTB beberapa waktu lalu semakin menguatkan rasa optimis tersebut.

Kemarin hadir 5300 personel Angkatan Laut dari negara asing dengan sejumlah kapal perangnya. Ini uji coba dari bahasa, kultur, pelayanan, zero complain, zero accident,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here