Home Berita Kades Uma Beringin Pelopori Kerjasama Dengan Lembaga pendidikan dalam Penyusunan RPJMDes

Kades Uma Beringin Pelopori Kerjasama Dengan Lembaga pendidikan dalam Penyusunan RPJMDes

35
0
SHARE


Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – RPJM Desa adalah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa, atau yang sering disingkat dengan RPJMDes adalah dokumen perencanaan desa untuk periode 6 (enam) tahun.

Prinsipnya adalah suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum maupun individual yang dijadikan oleh seseorang/ kelompok sebagai sebuah pedoman untuk berpikir atau bertindak. Sebuah prinsip merupakan roh dari sebuah perkembangan ataupun perubahan, dan merupakan akumulasi dari pengalaman ataupun pemaknaan oleh sebuah obyek atau subyek tertentu.

Dalam kontek penyusunan RPJM Desa maka prinsip dan tujuan penyusunannya menjadi sangat penting bagi pemerintah desa. Supaya pemerintah desa memiliki kerangka berpikir sistematis, terarah dan terukur dalam rangka mewujudkan masyarakat desa yang mandiri, sejahtera dan berkeadilan sosial.

Namun demikian karena euforia alokasi dana desa menimbulkan fenomena sosial ditengah masyarakat kita ketika optimisme
setiap daerah mengejar ketertinggalan dengan memfokuskan pada upaya meningkatkan indikator pertumbuhan ekonomi dan infrastruktur fisik tanpa diimbangi suprastruktur sosial yang memadai, maka secara tidak sadar akan terperosok dalam situasi sulit yang dapat menggoncang tatanan kehidupan secara keseluruhan.

Kecenderungan selama ini perencanaan yang dibuat di tingkat desa lebih
menghasilkan prioritas program/kegiatan yang bersifat instan langsung dirasakan secara ekonomi dan fisik karena dianggap lebih mudah dalam pelaksanaannya, kasat mata, mudah diukur, menyerap lapangan kerja, dan argumentasi lainnya. dan cendrung melupakan pembangunan non fisik sehingga kedepannya hal ini tentunya sangat berbahaya bagi pembangunan desa dan masyarakat desa secara keseluruhan.

Kepala Desa Uma Beringin sebagai salah satu kepala desa yang cukup dikenal karena prestasinya serta cukup dikenal sebagai Kepala Desa yang terbuka terhadap perubahan dan akomodatif pada informasi-informasi baru terhadap perubahan, mencoba keluar dari fenomena yang terjadi selama ini.

Dengan memanfaatkan lembaga pendidikan tinggi yang ada di Kabupaten Sujmbawa Pemerintah Desa Uma Beringin mencoba keluar dari fenomena yang terjadi, berkerjasama dengan Lembaga Pendidikan Tinggi IISBUD Samawa Rea. MOU ditandatangani bersama oleh Kepala Desa Uma Beringan dan Rektor IISBUD Sama Rea.

Dalam MOU yang sudah ditandatangani tersebut salah satu kerjasama yang dilakukan adalah dalam penyusunan RPJMDes Desa Uma Beringin untuk tahun 2020 s/d 2026 atau satu periode masa jabatan Kepala desa. shal ini sebagaiman disampaikan oleh Kades Uma Beringan yang kami kutip dari laman FB Desa Uma Beringin bahwa kerja-sama ini merupakan ikhtiar awal agar Visi Misi nya dapat diterjemahkan dengan lengkap kedalam Rencana Kerja Pemerintah Desa sampai dengan Tahun 2026 /satu periode masa jabatannya.

Semoga usaha yang dilakukan Pemerintah Desa mendapat arah yang jelas sehingga memberikan manfaat yang lebih baik lagi kepada masyarakat desa Uma Beringin. nantinya, pungkasnya. (KH74)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here