Home Cerita Inspirasi BIODIVERSITY AND CONSERVATION

BIODIVERSITY AND CONSERVATION

48
0
SHARE

Konservasi Lingkungan Berbasis Pariwisata
Eksploitasi laut secara berlebihan seperti pengeboman, penggunaan potassium hingga penangkapan dengan menggunakan trawl sangat bertentangan dengan kode etik penangkapan ikan. Kegiatan ini walaupun memberi keuntungan yang besar bagi nelayan tetapi membawa dampak yang sangat buruk bagi ekosistem perairan. Kegiatan penangkapan yang dilakukan nelayan dengan cara dan alat tangkap yang bersifat merusak yang dilakukan nelayan tradisional dapat di golongkan kedalam illegal fishing.

Pola penangkapan menggunakan bahan peledak dan bahan beracun tidak hanya berdampak tidak baik bagi spesies ikan tetapi juga memberikan efek buruk sangat besar bagi berbagai macam genus karang maupun biota laut.

Aktifitas di darat juga menjadi salah satu faktor penyumbang yang memberi dampak buruk bagi kawasan perairan. Pengolahan areal pertanian seperti perladangan di sekitar daerah pantai menyebabkan penurunan kualitas hamparan pasir, sedimentasi dan mempengaruhi tingkat visibilitas air. Hal ini akan memperlambat bahkan merusak pertumbuhan karang termasuk Padang Lamun. Begitupun dengan penggunaan pestisida secara berlebihan dapat mencemari perairan yang merusak ekologi dan ekosistem perairan secara keseluruhan.

Beberapa faktor diatas menjadi penyebab terjadinya kerusakan ekologi perairan laut terutama terumbu karang, termasuk di beberapa titik di Teluk Sumbawa maupun di Kawasan Teluk Saleh. Kondisi ini diperparah lagi oleh masih rendahnya kesadaran nelayan untuk merubah pola penangkapan mereka yang sesuai aturan dan masih sedikitnya sosialisasi tentang hal tersebut.

Melihat kondisi yang terjadi yang semakin lama semakin memperparah keadaan, Adventurous Sumbawa (AS) sebagai Lembaga Pengkaji dan Pemerhati Pariwisata Sumbawa melalui Divisi Konservasi Lingkungan yang mereka miliki, tergerak dan merasa bertanggungjawab kemudian menginisiasi melakukan aksi penyelamatan lingkungan yang mereka beri nama Program Biodiversity and Conservation yaitu program revitalisasi dan konservasi lingkungan yang fokus pada kegiatan transplantasi terumbu karang dan pelestarian spesies ikan beserta biota laut lainnya. Upaya ini merupakan wujud dari kepedulian AS yang tidak hanya menjadi mitra pemerintah dalam mengembangkan pariwisata Sumbawa tetapi juga memfokuskan diri pada upaya pelestarian lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here