Home Berita Pakar IT Universitas Indonesia Ajak Sukseskan Sail Moyo Tambora 2018

Pakar IT Universitas Indonesia Ajak Sukseskan Sail Moyo Tambora 2018

52
0
SHARE

Sumbawa Besar, RumahInformasiSamawa.com Sambil menikmati hidangan kuliner khas ikan laut di kawasan Pantai Goa Karang Dima, Kamis malam (19/7/2018), Pakar IT Universitas Indonesia Dana Indra Sensuse, Ph.D kepada media center menyatakan kekagumannya pada potensi Kabupaten Sumbawa.

“Kabupaten Sumbawa memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan kedepan”,  puji jebolan Information Studies, University of Toronto, Kanada ini. Hal ini diungkapkan oleh Dana Indra setelah melihat langsung maupun memperoleh informasi dari internet serta di ruang Bimtek Smart City.

“Kotanya nyaman, kulinernya khas, pantainya bagus-bagus, potensi alamnya sangat menjanjikan, masyarakatnya ramah-ramah, utilitas daerahnya cukup lengkap dan hal lainnya, saya rasa Sumbawa Besar akan berkembang pesat dimasa mendatang”, ungkap Dana. Terlebih dengan ditunjuknya Sumbawa sebagai tuan rumah even nasional Sail Indonesia Tahun 2018 maupun ditetapkannya dalam Gerakan Menuju 100 Smart City adalah salah satu indikatornya, tambahnya.

“Saran saya, kedepan Kabupaten Sumbawa harus memiliki Pusat Informasi yang lengkap dan mudah diakses oleh masyarakat. Tadi juga di Ruang Diskusi Smart City ada masukan dari teman-teman Kecamatan dan Desa untuk Program Smart City Kabupaten Sumbawa adalah dibangunnya Pusat Informasi, khususnya di sektor pariwisata secara umum” lanjutnya.

“Terkait dengan smart branding, paling tidak ada 3 (tiga) potensi Pariwisata Sumbawa yang harus dibranding antara lain Wisata Alam, Wisata Budaya dan Wisata Agro. Kenapa saya masukkan Wisata Agro karena potensi pertanian yang begitu besar di Sumbawa dapat dipoles menjadi daya tarik tersendiri bagi pariwisata. Sentuhan informasi melalui pemanfaatan teknologi informatika penting untuk diperhatikan guna meningkatkan ekspekasi tinggi kunjungan ke Sumbawa”  kata Dana.

Kepada media center, Pakar IT UI yang ditemani oleh Sekdis, Kabid TI, Kasi Sumber Daya TI Dinas Kominfotik Sumbawa, mengatakan bahwa kunjungannya selama 3 hari di Kabupaten Sumbawa bersama Kasubag. Penyusunan Rancangan Peraturan Ditjen Aptika Kemkominfo  Hendrik Sasmita Yudha, SH adalah penugasan dari Kementerian Kominfo untuk memberikan Bimbingan Teknis Tahap I serta pendampingan Tim Smart City Kabupaten Sumbawa dalam menyusun Master Plan Smart City Kabupaten Sumbawa 2018-2021.

Dana Indra mengungkapkan bahwa Bimtek Tahap I ini adalah terfokus pada 6 (enam) elemen yaitu smart governance, smart branding, smart economy, smart living, smart society dan smart environment yang diikuti oleh perangkat daerah, kecamatan dan desa/kelurahan.

Diakhir bincang-bincangnya dengan media center, pakar IT yang ramah ini mengajak untuk menyemarakkan dan menyukseskan even nasional Sail Indonesia 2018. “Sail Moyo Tambora ini adalah even nasional yang strategis, khususnya untuk membangun smart branding pariwisata Sumbawa, mari kita sukseskan bersama,” pungkasnya. (ra/mckabsumbawa)

sumber : media center Diskominfotikkabsbw

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here