Home Budaya Ngumang

Ngumang

893
0
SHARE
Sumbawa Besar, Rumah Informasi Samawa.com – Seorang pria mengacungkan kedua tangannya sembari menembangkan lawas (seperti seorang penari) dengan suara merdu sehingga menjadi pusat perhatian orang banyak. Ngumang ini kita jumpai disaat orang melaksanakan keramaian karapan kerbau atau ketika menyelenggarakan permainan berempuk dalam sawah yang diatur sedemikian rupa.

Ngumang; Merupakan salah satu jenis seni vokal yang umumnya dilakukan oleh satu orang sambil mengucap lawas (pantun atau syair daerah Sumbawa) dengan suara lantang disertai teriakan atau pekikan sebagai pengiring, pemanis, atau daya tarik.

Properti yang biasa digunakan adalah mangkar (tongkat pendek yang diberi hiasan) dan dipegang pada salah satu tangan secara bergantian. Mangkar ini diacungkan atau diputar – putar diatas kepala saat lawas diucapkan atau dilagukan atau ditembangkan sesuai temung (irama atau langgam) khusus.

Kegiatan ngumang ini dilakukan pada saat barapan kebo (Karapan Kebo), pacuan kuda (Main Jaran), tinju tradisional (Barempuk) memakai batang padi yang sudah kering, karaci dll.

Ngumang merupakan ungkapan perasaan seseorang, bila dia berhasil atau menang entah kerbau bisa melanggar pancang (Saka) berarti dia yang menang. Disinilah ngumang ditampilkan.

Sumber : Disporabudpar Kab. Sumbawa
SHARE
Previous articleGandang Nuja
Next articleLangko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here