Home Berita World Clean up Day Sumbawa Dihadiri Bupati Sumbawa

World Clean up Day Sumbawa Dihadiri Bupati Sumbawa

14
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com

World Cleanup Day adalah aksi bersih-bersih yang dilaksanakan dalam satu hari secara serentak di seluruh dunia dengan tujuan menyatukan umat manusia dari berbagai budaya, agama, suku, dan ras untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah dan meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan sampah, serta memupuk nilai cinta kasih terhadap masa depan Bumi.

Pada tanggal 15 September 2018, World Cleanup Day yang pertama berhasil dilaksanakan serentak di 157 negara, menyatukan 18 juta orang dari berbagai wilayah di dunia, dan mengumpulkan 88.500 ton sampah. Pada aksi cleanup pertama tahun 2018, Indonesia berhasil menyatukan 7.688.332 relawan serta mengumpulkan 14.877 ton sampah

Dan pada tanggal 21 September 2019, WCD kedua berhasil dilaksanakan serentak di 180 negara, menyatukan 21,2 juta orang serta mengumpulkan 100.000 ton sampah dan pada tahun 2019, Indonesia berhasil menyatukan 9.539.315 relawan serta mengumpulkan 15.383 ton sampah.

Dikarenakan pandemi COVID-19, aksi cleanup di tahun 2020 dilaksanakan pada tanggal 13-19 September dalam skala kecil dan didukung dengan gerakan “Pilah Sampah dari Rumah”. Meskipun terbatas, Indonesia kembali menorehkan sejarah dengan menjadi negara pemimpin cleanup terbesar di dunia tiga tahun berturut-turut pada tahun 2020, di mana 4.173.881 relawan bergabung dalam aksi cleanup serta pilah sampah dari rumah dan sebanyak 4.014 ton sampah berhasil dikumpulkan. (sumber Indorelawan.org)

______________________________________________________________________________________________________________________________

Dalam skala terbatas dikarenakan pandemi covid 19, Pemerintah Kabupaten Sumbawa menggelar Kegiatan World Clean up Day (WCD) Sumbawa tahun 2021 dilaksanakan pada pagi, Jum’at (17/9). Kegiatan yang diawali dengan senam sehat bersama dan terpusat di Pantai Saliper Ate, Pantai Baru dan Pantai Jempol ini dihadiri Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah bersama Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, S. Pd., M.Pd.

Dewi Noviany, S.Pd.M.Pd. Wakil Bupati Sumbawa melakukan penanaman pohon pada kegiatan World Clean up Day (WCD)

Pada kegiatan WCD Sumbawa tahun ini, Pemerintah Kabupaten Sumbawa bekerjasama dengan Komunitas WCD Sumbawa, Kegiatan yang diawali dengan senam sehat Bersama dilanjutkan dengan kegiatan penanaman pohon serta gotong royong kebersihan yang dilaksanakan secara serempak se-Kabupaten Sumbawa dengan melibatkan seluruh unsur dan lapisan masyarakat. Selain itu dilaksanakan pelepasan tukik (bayi penyu) ke laut oleh Bupati Sumbawa bersama Wakil Bupati Sumbawa didampingi Dandim 1607, Sekda, Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati serta Pimpinan OPD.

World Cleanup Day (WCD) merupakan aksi bersih-bersih yang dilaksanakan dalam satu hari secara serentak di seluruh dunia dengan tujuan untuk membersihkan dunia dari permasalahan sampah dan meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan sampah. (KH74)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here