Home Pemerintah Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Sumbawa dalam rangka memperingati HUT ke 64...

Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Sumbawa dalam rangka memperingati HUT ke 64 Kabupaten Sumbawa

13
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Sabtu malam, (21/01) Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah yang menhadiri acara tersebut, dalam sambutannya mengatakan bahwa momentum peringatan hari jadi Kabupaten Sumbawa ini mesti menjadi starting point bagi eksekutif dan legislatif dalam membuat sejarah dalam penyelenggaraan hari jadi yang tidak hanya semarak dengan even seremonial melainkan juga menjadi bagian dari sidang paripurna tahunan yang nantinya dapat dijadikan agenda rutin DPRD Kab. Sumbawa. Beliau juga menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak, yang telah mendorong terbangunnya suasana kondusif, aman, damai dan demokratis, sehingga Pemerintah Daerah dapat melaksanakan tahapan pembangunan dengan baik.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq, SH., dalam sambutannya mengatakan, ditengah usia yang memasuki 64 tahun Kabuoaten Sumbawa dan sejumlah capaian yang telah diraih oleh Pemerintah MO_NOVI yang memasuki 3 tahun pemerintahannya. Berbagai apreaiasi dan penghargaan yang berlabel Nasional, regional, dan internasional sebagai sebuah kinerja dan karya kita semua. Perhargaan Internasional dari MXGP AWARD 2022 berupa “THE BEST MEDIA OPPORTUNITY” sebagai penyelenggara MXGP OF INDONESIA di sirkuit SAMOTA. Kemudian pembangunan Bendungan Beringin Sila di Kecamatan Utan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) yang keberadaannya mampu mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan irigasi dan air baku terutama di kecamatan Utan dan Buer.

Ditengah usia 64 tahun Kabupaten Sumbawa dan memasuki usia 3 (tiga) tahun pemerintahan mo-novi diwarnai berbagai kesuksesan dalam berbagai apresiasi dan penghargaan yang berlabel nasional, regional dan internasional, sebagai buah kinerja dan karya kita semua, penghargaan internasional dari MXGP AWARD 2022 BERUPA ‘THE BEST MEDIA OPPORTUNITY’ sebagai penyelenggara mxgp of indonesia di sirkuit samota sumbawa. buah yang kita raih ini tidak lepas dari sebuah ‘challenge’ yang kita hadapi seperti bencana alam gempa bumi, musibah covid-19. ditengah-tengah kebangkitan dari ‘recovery’terus dan terus bahu membahu untuk saling bekerja sama dan saling menguatkan. dalam usia 64 tahun kabupaten sumbawa sebagai kado terindahnya telah terbangun pembangunan bendungan beringin sila kecamatan utan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) yang keberadaannya mampu mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan irigasi dan air baku, terutama di kecamatan utan dan buer.

Pembangunan bendungan beringin sila dimulai pengerjaannya sejak Januari 2019 dan rampung Desember 2022 dengan gelontoran anggaran 1,7 triliun rupiah — memiliki total kapasitas tampungan 27,46 juta meter kubik dan luas genangan 126 hektare.

Bendungan Beringin Sila kedepannya mampu mengairi lahan seluas 3.500 hektare dan menghasilkan air baku sebesar 76 liter perdetik untuk mendukung pertanian di Kabupaten Sumbawa. Kehadirannya juga memberikan manfaat untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro (pltm) sebesar 1,4 megawatt, reduksi banjir sebesar 90,37 meter kubik perdetik, potensi tempat pariwisata, perikanan tangkap dan tempat konservasi.

Akselerasi ekspor komoditas pertanian kita,terutama jagung telah dimulai tahun 2015 dan puncaknya 2019 hampir 117.000 ton dengan tujuan pengiriman ke philipina dan tahun 2022 untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, kondisi ini seiring dengan telah diresmikannya kantor stasiun karantina pertanian kelas 1 kabupaten sumbawa. dari ekspose survei.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here