Home Berita PKK Desa Juran Alas Bangun Solidaritas Sosial Galang Dana Pengobatan Warganya

PKK Desa Juran Alas Bangun Solidaritas Sosial Galang Dana Pengobatan Warganya

16
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Membangun solidaritas sosial adalah hal yang sangat penting bagi masyarakat akhir-akhir ini. sikap solidaritas sosial adalah sikap yang mulai hilang sedikit demi sedikit dalam kehidupan kita saat ini, banyak faktor yang melatarbelakanginya, salah satunya kemajuan tekhnologi yang begitu pesat mendorong setiap individu sibuk dengan aktivitasnya sendiri. namun demikian, semua yang terjadi akhir-akhir ini sangat memberikan peluang untuk kembali mengingat esensi gotong royong dalam kata “Solidaritas sosial”.

Setahun ke belakang, ada berbagai rentetan peristiwa bencana baik bencana alam ataupun non alam. Mulai dari pandemi COVID-19 yang mewabah hingga hari ini, ditambah pada awal tahun 2021 musibah yang datang silih berganti, jatuhnya pesawat terbang, banjir dan longsor yang terjadi dibeberapa wilayah di Indonesia.

PKK Desa Juran Alas dari pintu ke pintu menggalang dana bagi warganya yang kurang mampu

Lalu apa yang bisa kita lakukan? Bersikap tidak peduli? Menyerahkan semua penanganan kepada pemerintah? Seharusnya tidak seperti itu. Di situasi seperti sekarang inilah waktu yang sangat tepat untuk “unjuk gigi” tentang seberapa banyak kita bisa “Berbuat” untuk negeri dan sesama yang membutuhkan.

Membangun solidaritas sosial bisa terwujud melalui aksi-aksi individu maupun komunitas. Meskipun demikian, hal tersebut hanya bisa terwujud jika setiap individu memiliki kesadaran akan rasa kebersamaan yang kuat. Jika demikian, setiap individu akan bergerak dengan otomatis untuk melakukan aksi-aksi kebaikan dalam membangun solidaritas sosial.

Desa Juranalas, melalui pemerintah desanya adalah salah satu elemen masyarakat kita yang mulai resah dengan kondisi lunturnya secara perlahan sikap solidaritas sosial ditengah-tengah masyarakat kita. Kepala Desa Juran Alas melalui berbagai program yang telah dicanangkan mencoba menghidupkan kembali ditengah-tengah masyarakat khususnya masyarakat desa Juran Alas sikap solidaritas sosial, diantara program yang gencar dan rutin dilaksanakan adalah gotong royong desa Jum’at bersih yang dibungkus dengan adat asli tau samawa yaitu adat basiru.

Tidak hanya sampai disitu saja, lebih jauh lagi untuk menjaga harmonisasi dan kebersamaan serta ikatan kekeluargaan Pemdes Juran Alas melalui Kepala Desa menginisiasi membentuk wadah pemersatu masyarakat lintas suku di Desa Juran Alasa yang bertujuan mempersatukan masyarakat di Desa Juran Alas sehingga memupuk rasa kebersamaan yang ujungnya membangun solidaritas sosial tanpa memandang asal usul dan perbedaan lainnya.

Tanpa kenal lelah ibu-ibu PKK terus menggalang solidaritas sosial masyarakat

Implementasi dari semua program yang sudah dicanangkan oleh Pemerintah Desa Juran Alas, PKK Desa Juranalas, melakukan aksi penggalangan dana untuk biaya pengobatan Ibu Ermayanti, istri dari Ishak/Egen Macan 1 LINMAS Desa Juranalas sebagai upaya menumbuhkembangkan solidaritas sosial ditengah-tengah masyarakat.

Penggalangan Dana kali ini dilakukan dengan sitem door to door, Ibu-ibu PKK Desa Juranalas berkeliling memasuki gang demi gang, mengetuk pintu demi pintu masyarakat di dusun Juranalas. sebelumnya, juga telah dilaksanakan aksi serupa oleh Ibu-ibu PKK dengan lokasi di Dusun Tal.

Penggalangan Dana ini diniatkan untuk membantu biaya pengobatan Ibu Ermayanti asal Dusun Tal yang saat ini memerlukan bantuan biaya pengobatan penyeakit organ dalam. Alhamdulilah kendati dalam masa Pandemi ini, tingkat kepedulian masyarakat untuk berdonasi dan membantu sesama, masih sangat tinggi, hal itu terlihat dari jumlah donasi yang sampai siang ini sudah terkumpul. 1. PEMDES Juranalas, BABINSA, BHABINKAMTIBMAS Rp. 1.500.0002. Hamba Allah Rp. 200.0003. Willi Fiqri Faranzi Rp. 200.0004. Hamba Allah Rp.200.0005. BPD Juranalas Rp.250.0006. Hamba Allah Rp. 100.0007. PKK JURANALAS Rp 1.000.0008. Hamba Allah Rp. 100.0009. Hamba Allah Rp. 100.00010. Warga Dusun Tal Rp 1.244.00011. Sambirang Ahmadi, S.Ag (Anggota DPRD Prov. NTB Partai PKS (😎 Rp. 1.000.00012.Dr. Ismuttaqin /Dr. Aqin Sekeluarga Rp 1.700.00013. Warga Dusun juranalas Rp. 733.000Total : Rp. 9.035.000Kami mewakili PKK Desa Juranalas mengucapkan terima kasih atas segala donasi dan ulurana tangan serta Doa masyarakat Desa Juranalas, semoga saudari kita, Ibu Ermayanti segera diberikan kesembuhan oleh Allah SWT, Aamiin.

Kades Juran Alas bersama PKK mengunjungi warga yang sakit

Aksi solidaritas sosial yang dilakukan oleh PKK Desa JuranAlas ini mendapat sambutan yang besar dari berbagai lapisan masyarakat, hal dapat kita lihat pada FB Juran Alas Maras yang merup[akan FB resmi Pemdes Juran Alas yang dikelola oleh KIM Juran Alas, dalam postingan kegiatan penggalangan dana oleh PKK ini mendapat 240 like dan 75 komentar masyarakat serta 4 kali dibagikan.(KH74)

Penyerahan hasil penggalangan dana oleh Ketua PKK Desa Juran Alas

sumber : FB Juranalas maras

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here