Home Berita Wabup Sumbawa Dorong Pemantapan Fungsi Lembaga Perekonomian Masyarakat Desa

Wabup Sumbawa Dorong Pemantapan Fungsi Lembaga Perekonomian Masyarakat Desa

12
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviany, S.Pd., M.Pd membuka secara resmi Rakor Perkembangan Dana Bergulir Masyarakat Eks. PNMN-MPd dan Persiapan Transformasi Kelembagaan UPK menjadi Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesa Bersama/BUMDESMA), Rabu (4/8/2021) di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa.

Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya rakor ini.

Menurutnya, rakor ini merupakan upaya bersama dalam rangka penguatan kelembagaan ekonomi masyarakat perdesaan, khususnya unit pengelola kegiatan (UPK) dana bergulir masyarakat Eks Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) dan badan kerjasama antar desa.

Peserta rakor perwakilan kecamatan lokasi eks PNPM

Dikatakan, bahwa untuk mewujudkan visi pembangunan daerah di Kabupaten Sumbawa yakni “Terwujudnya Kabupaten Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban” dengan salah satu misi utamanya yaitu mewujudkan sumbawa sejahtera dan mandiri.

Maka salah satu upayanya adalah pengembangan sendi-sendi usaha ekomoni skala lokal maupun skala desa dan memperluas lapangan kerja guna mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan melalui pemberdayaan masyarakat.

“Keberhasilan penyelenggara pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Kabupaten Sumbawa pun tidak terlepas dari peran dan fungsi lembaga perekonomian masyarakat desa sebagai motor penggerak perekonomian desa,” ujar Wabup.

Untuk itu, melalui kegiatan rakor ini Wabup berharap kepada perangkat daerah terkait untuk melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap proses transformasi kegiatan dana bergulir masyarakat Eks PNPM-MPd, perkembangan dan keberadaan aset dana bergulir masyarakat dan aset lainnya.

Wabup juga berharap agar kegiatan ini tepat sasaran dan benar diperuntukkan untuk masyarkat, sehingga dapat tersalurkan bagi masyarakat yang membutuhkan. (RA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here