Home Berita KemendesPDTT Tetapkan 10 Desa Di Kabupaten Sumbawa sebagai Lokasi Desa Cerdas Fase...

KemendesPDTT Tetapkan 10 Desa Di Kabupaten Sumbawa sebagai Lokasi Desa Cerdas Fase I

28
0
SHARE

Guna mendorong pembangunan desa yang inovatif dalam memecahkan permasalahan dengan memanfaatkan teknologi digital, Kementerian Desa dan PDTT menyelenggarakan kegiatan Desa Cerdas yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Tahun 2021-2024.

10 Desa di Kabupaten Sumbawa berhasil terpilih menjadi lokasi kegiatan Desa Cerdas Fase 1 Tahun 2021. Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumbawa di ruang kerjanya, Rabu (6/10/2021).

“Sesuai Keputusan Kepala Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 37 Tahun 2021, dari 350 Desa se Indonesia pada Fase 1 ini, terdapat 10 Desa di Kabupaten Sumbawa yang ditetapkan sebagai lokasi Desa Cerdas”, tutur Ansori.

Lebih lanjut dijelaskanya, 10 Desa tersebut adalah Desa Semamung, Desa Batutering, Desa Leseng dan Desa Batu Bulan Kecamatan Moyo Hulu, Desa Orong Bawa Kecamatan Utan, Desa Jorok Kecamatan Unter Iwes, Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas, Desa Rhee Loka Kecamatan Rhee, Desa Langam Kecamatan Lopok, serta Desa Buin Baru Kecamatan Buer.

Desa Cerdas meliputi 6 (enam) dimensi yaitu Tata Kelola Cerdas (Smart Governance), Masyarakat Cerdas (Smart People), Lingkungan Cerdas (Smart Environment), Hidup Cerdas (Smart Living), Ekonomi Cerdas (Smart Economy), dan Mobilitas Cerdas (Smart Mobility).

“Dengan arahan 6 Dimensi Desa Cerdas tersebut Dinas PMD dan Dinas Kominfotiksandi Sumbawa dengan perangkat daerah terkait akan melakukan pembinaan dan penyuksesan program ini sebagai salah satu instrument dalam visi dan misi Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban”, papar Ansori.

Kedepan, desa-desa lainnya akan didorong untuk mengikuti program ini pada Fase II dan III yang akan dilaksanakan tahun-tahun berikutnya. (Ra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here