Home Berita Kadis Kominfotik Sumbawa Paparkan Hasil Evaluasi Smart City

Kadis Kominfotik Sumbawa Paparkan Hasil Evaluasi Smart City

30
0
SHARE

Sumbawa Besar, RumahInformasiSamawa.com – Beberapa waktu yang lalu tapatnya tanggal 12-14 Desember 2018 Kabupaten Sumbawa telah mengikuti Penilaian, Evaluasi Masterplan Smart City dan Awarding sebagai bagian dari 50 Kabupaten/Kota yang terpilih dalam Program Gerakan Menuju 100 Smart City Indonesia 2018 di ICE BSD Tangerang.

Saat ini berdasarkan Surat Dirjen Aptika Kemkominfo Nomor 21/DJAI/AI.01.05/01/2019  tanggal 9 Januari 2019, hasil evaluasi dan penilaian Master Plan dan Quick Win Smart City Kabupaten Sumbawa  telah diterima oleh Dinas Kominfotik Kabupaten Sumbawa.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kominfotik Kabupaten Sumbawa Ir. H. Ibrahim, M.Si pada Senin pagi (14/1/2019) di ruang kerjanya kepada media.

“Alhamdulillah, Master Plan dan Quick Win Smart City Kabupaten Sumbawa  menperoleh penilaian yang memuaskan dari para panelis”, ujar H. Ibrahim.  Adapun hasil penilaian dimaksud adalah berada pada rata-rata 3,07 dari 4 dimensi penilaian, lanjut H. Ibrahim.

H. Ibrahim menjelaskan bahwa pada dimensi Kelengkapan yang merupakan isi Master Plan yang disusun berdasarkan Kerangka Acuan Kerja (KAK) pada Buku Panduan Penyusunan Masterplan Smart City meraih poin 3,17, sedangkan pada dimensi Kesesuaian yang merupakan pilar indikator Smart City dengan nilai 3,00.

Selanjutnya H. Ibrahim menjelaskan, bahwa untuk Kejelasan dan Kerincian  yang merupakan kerincian road map dan kerangka inovasi daerah pada Program Quick Win yang berfokus pada ketersediaan pentahapan jangka pendek, menengah dan panjang  dan harmonisasi dengan perencanaan pembangunan daerah, serta  daya tarik inovasi, manfaat inovasi, keunikan dan kreativitas, peluang kemitraan, pengembangan lebih lanjut, strategi menjaga keberlangsungan, sumber daya yang digunakan tersedia dan analisa resiko memperoleh nilai 2,93.

Dan dimensi Kesimbangan yang merupakan kesuaian antara kegiatan smart city termasuk inovasi pada program quick win dengan kondisi dan kebutuhan daerah serta kesinambungan kinerja pada setiap pilar smart city mendapat nilai 3,18.

“Ini semua berkat upaya kita bersama yang selalu berupaya maksimal mengikhtiarkan agar Kabupaten Sumbawa masuk dalam jajaran gerakan menuju 100 smart city Indonesia, termasuk dukungan yang sangat kuat dari Bupati dan Wakil Bupati”, tambah H. Ibrahim.

Dengan rata-rata 3,07 hasil penilaian Masterplan Smart City, Kabupaten Sumbawa berada pada urutan ke-15 dari 50 Kabupoaten/Kota yang dinilai. “Terima kasih atas kerja keras Tim Penyusun Masterplan Smart City dan jajaran Dinas Peternakan dan Keswan Kabupaten Sumbawa yang telah menghadirkan SiJINAK (Sistem Jaringan Informasi Peternakan) sebagai quick win smart city Sumbawa”, pungkas Kadis H. Ibrahim. (ra/mckabsumbawa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here