Home Berita JUMAT BERSIH BASIRU DESA JURANALAS

JUMAT BERSIH BASIRU DESA JURANALAS

70
0
SHARE

Sumbawa, RumahInformasiSamawa.com – Sejak arus globalisasi dan modernisasi melanda indonesia, yang oleh sebagian orang dianggap sebagai peluang dan gengsi, padahal dampak negatifnya sungguh luar biasa, terutama sekali mengikis nilai-nilai kebersamaan dalam masyarakat dan cendrung mendorong masyarakat semakin individualis serta cendrung memunculkan konflik sosial ditengah-tengah masyarakat.

Semakin gersangnya kehidupan bermasyarakat kita akibat globalisasi dan modernisasi ini, bagi sebagian orang menumbuhkan kerinduan akan hadirnya suatu kehidupan bangsa yang lebih baik, hidup penuh kedamaian dan kegotong-royongan sebagaimana nenek moyang kita dahulu. Hidup rukun, bergandeng tangan, bekerja bersama dan saling tolong-menolong serta saling menghargai satu sama lain.

Budaya gotong-royong sebagai ciri bangsa Indonesia harus selalu dipertahankan dan dihidupkan kembali jika kita ingin kebersamaan ditengah masyarakat tetap terjaga. Budaya gotong royong merupakan bentuk nyata solidaritas sosial dalam kehidupan masyarakat. Setiap warga negara yang terlibat di dalamnya memiliki hak untuk dibantu dan juga berkewajiban untuk membantu. Disini terdapat azas timbal balik yang saling menguntungkan yang ujungnya akan melestarikan rasa kebersamaan.

Fenomena individualisme ditengah-tengah masyarakat ini menimbulkan keprihatinan pemangku kebijakan di Desa Juran Alas, yang paling prihatin tentunya Kepala Desa Juran Alas, maka semenjak pertama kali dilantik beliau menggalakan kembali Jum’at bersih yang dipadukan dengan konsep budaya basiru sebagai budaya asli tau samawa.

Sebelum kegiatan jumat bersih basiru dimulai Kades Juran Alas terlebih dahulu memimpin apel siaga

maka sejak pertama kali digagas,kegiatan jum’at bersih degan konsep basiru ini rutin dilaksanakan dan mendapat sambutan oleh masyarakat Juran Alas yang diindikasikan oleh tingginya tingkat partisipasi masyarakat Juran Alas setiap kegiatan ini dilaksanakan.

Kegiatan Jumat Bersih Basiru Desa Juranalas kembali dilaksanakan, dusun yang menjadi titik kegiatan kali ini adalah dusun Panua. Seperti biasa kegiatan ini dikoordinir langsung oleh Kepala Desa Juranalas Bapak HASANUDDIN (fb Sultan Sandro ), jadi beliau selaku Kepala Desa tidak pernah absen dalam kegiatan ini, karena beliau sadar bahwa contoh dan tauladan pimpinan menjadi kunci diterimanya program serta keberhasilan program yang digagas dimana indikatornya adalah tingkat partisipasi masyarakat pada program tersebut yang cukup tinggi.

Jum’at bersih basiru kali ini selain diikuti oleh segenap jajaran Pemerintah Desa, bersama BPD dan jajaran, LPM dan jajaran, BABINSA, BHABINKAMTIBMAS, Ketua RT dan RW serta segenap lapisan tokoh masyarakat Desa, yang spesial bahwa kegiatan ini juga turut hadir perwakilan DANRAMIL 1607/04 Alas yang juga terjun aktif mengarahkan dan bekerja bersama masyarakat.

Seperti biasa sebelum kegiatan gotong royong Jumat Bersih Basiru dimulai, terlebih dahulu dilakukan Apel Pagi yang dipimpin langsung oleh Kepala Desa Juranalas. Titik pembersihan pada kegiatan kali ini dilakukan hampir menyeluruh, dimulai dengan pembersihan di area jalan menuju Rengganis, kemudian ke Tempat Pemakaman Umum Panua, kemudia Drainase menuju RT 1 dan 2 RW 10 dilanjutkan ke area Depan SDN Panua dan berakhir di Jalan lintas Marente atau wilayah RT 1 dan 2 RW 9.Kegiatan pembersihan difokuskan dengan membersihkan rumput-rumput liar, drainase dan gorong-gorong dan makam. Alhamdulilah antusiase peserta kegiatan sangat tinggi, terbukti dengan banyaknya peserta dan masyarakay yang ikut berpartisipasi pada kegiatan positif setiap Jumat Pagi Ini. Kegiatan Jumat bersih selanjutnya akan dilaksanakan di Dusun Brang Bage. (KH74) sumber FB JuranAlas Maras

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here