Home Berita Bupati Sumbawa Resmikan Kampus Akper Samawa

Bupati Sumbawa Resmikan Kampus Akper Samawa

107
0
SHARE

Sumbawa Besar – Penandatanganan prasasti oleh Bupati Sumbawa H.M. Husni Djibril, B.Sc. pada Kamis pagi (15/2/2018) tandai peresmian Kampus Akper Samawa. Peresmian yang berlangsung di Gedung Akper Samawa itu di hadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumbawa beserta jajaran, Ketua GOW Kabupaten Sumbawa, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kab. Sumbawa, Direktur Akper Samawa beserta jajaran.

Kegiatan yang merupakan rangkaian acara pengucapan janji oleh 24 orang mahasiswa/i Akper Samawa, dan Pemasangan Kap Profesi Akademi Keperawatan Samawa Angkatan XIV TA 2017/2018, serta pemberian penghargaan dan beasiswa kepada 3 orang mahasiswa berprestasi oleh Bupati Sumbawa tersebut berlangsung hikmad dan meriah.

Bupati Sumbawa dalam sambutannya menyampaikan bahwa setiap perawat hendaknya memiliki jiwa penolong dalam memberikan pelayanan kepada orang lain. “Apa yang sudah diucapkan dalam sumpah dan janji tadi harus benar-benar ditepati serta dilaksanakan dengan sepenuh hati” terang Bupati. “Setiap perawat dengan tugas pokok dan fungsinya sebagai pelayan kesehatan harus didukung dengan beberapa kemampuan, antara lain adalah kemampuan berkomunikasi dengan orang lain”. Tambah Bupati. Komunikasi yang baik tentu akan menimbulkan ketenangan dan kenyamanan bagi orang yang dilayani sehingga mampu memberikan motivasi untuk sembuh. Banyak orang yang sakit menjadi sembuh karena bagusnya cara berkomunikasi perawat yang menanganinya, demikian juga sebaliknya,” tegas Haji Husni biasa disapa.

Disampaikan pula bahwa hal yang perlu diperhatikan adalah membangun karakter yang mampu menggambarkan penguasaan terhadap disiplin ilmu yang dimiliki, karena dengan sikap dan karakter yang baik tersebut, akan meningkatkan simpati masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan. Dan  ketika selesai dari pendidikan akper para mahasiswa/i akan dihadapkan pada tantangan dinamika masyarakat yang terus berkembang, dan harus disikapi dengan peningkatan pengetahuan dan pengembangan diri yang dilakukan secara terus menerus.

Bupati berharap dengan keberadaan kampus baru, Akper Samawa dapat terus meningkatkan kualitasnya dan akreditasinya secara bertahap dengan mempertimbangkan aspek kebutuhan di masyarakat. Akper Samawa harus mampu melakukan penyesuaian kurikulum agar relevan dengan kebutuhan pasar kerja dan perkembangan Iptek, karena dunia kerja membutuhkan lulusan yang memiliki kemampuan akademik yang kuat serta kreatifitas dan daya inovasi yang tinggi, dan dalam hal ini, Akper Samawa harus tetap terbuka untuk menerima masukan dari masyarakat, LSM, media massa atau organisasi lainnya.

Pada akhir sambutannya Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada Akademi Keperawatan Samawa, para dosen dan seluruh civitas Akademika Akper Samawa atas dedikasinya dalam mendidik dan membina putra-putri terbaik bagi Tana’ Samawa maupun daerah lainnya dalam upaya meraih cita-cita bersama mewujudkan Sumbawa yang Hebat dan Bermartabat.

Sebelumnya Direktur Akper Samawa Dr. H. Umar Hasany dalam sambutannya menyampaikan bahwa ucap janji dan pemasangan kap profesi merupakan kegiatan rutin akademik Akademi Keperawatan Samawa yang dilaksanakan setiap tahun dan merupakan simbol kesiapan perawat untuk melayani pasien yang membutuhkan proses keperawatan. Ucap janji dan pemasangan kap profesi tersebut diikuti sebanyak 24 orang mahasiswa, yang terdiri dari laki-laki sebanyak 8 orang mahasiswa dan perempuan sebanyak 16 orang mahasiswa, yang berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Sumbawa dan juga ada yang dari Kabupaten Sumbawa Barat.

Disampaikan pula bahwa pemasangan kap profesi bukan hanya sekedar aksesoris atau perias bagi perawat, karena tidak sembarang orang bisa memakainya, karena hanya orang-orang yang profesional yang dapat menggunakannya. Capping day merupakan langkah awal didalam menciptakan seorang tenaga perawat yang profesional. Dengan mengikuti proses pemasangan kap tersebut berarti para mahasiswa Angkatan XIV Akper Samawa telah dipersiapkan untuk memberi pelayanan langsung kepada pasien dilahan praktek keperawatan, baik di Rumah Sakit, Puskesmas, Balai Pengobatan, Rumah Bersalin, dan dalam masyarakat.

Dalam acara tersebut juga, Pada akhir acara Bupati dan Ketua TP PKK Kabupaten Sumbawa beserta jajaran meninjau lokasi gedung Akper Samawa.(KH74)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here